Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Gembira China Setop Bangun PLTU Batu Bara di Luar Negeri

Kompas.com - 23/09/2021, 08:10 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) menyambut baik janji China untuk mengakhiri pendanaan proyek-proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara di luar negeri.

Selain itu, Washington berharap agar Beijing, yang merupakan penghasil emisi terbesar di dunia, juga berbuat lebih banyak di dalam negeri untuk melawan perubahan iklim.

Pada Selasa (21/9/2021) Presiden China berpidato dalam video yang ditayangkan di Sidang Umum PBB mengatakan bahwa negaranya tak mau lagi membangun PLTU batu bara baru di luar negeri.

Baca juga: China Tak Mau Lagi Bangun PLTU Batu Bara di Luar Negeri, Banyak Pihak Menyambut Gembira

Meski tidak memberikan rincian lebih lanjut, pernyataan tersebut dapat secara signifikan membatasi investasi PLTU batu bara di negara berkembang.

Seorang pejabat AS menyatakan bahwa Washington gembira dengan keputusan Xi tersebut sebagaimana dilansir AFP.

“Kami menyambut baik pengumuman ini tetapi kami juga menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan,” kata pejabat tersebut kepada wartawan di markas PBB, New York, AS.

Baca juga: Kontes Bangunan Terjelek di China Dimulai, Hotel Boneka Raksasa hingga Gereja Biola Jadi Kandidat

“Kami berharap dapat mendengar lebih banyak tentang langkah-langkah tambahan yang dapat mereka ambil dalam dekade ini untuk lebih mengurangi emisi mereka di dalam negeri,” sambung pejabat itu.

Pejabat itu menambahkan, keputusan China tersebut akan membantu komunitas internasional sesuai jalurnya untuk menahan suhu global melampaui 1,5 derajat Celcius.

Ilmuwan PBB mengatakan, kenaikan suhu global lebih dari 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri adalah ambang batas bagi bumi.

Jika suhu global baik di atas angka tersebut, planet bumi terancam menghadapi kerusakan terburuk akibat perubahan iklim.

Baca juga: Coba Memahami China sebagai Negara Super Power

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com