Kontes Bangunan Terjelek di China Dimulai, Hotel Boneka Raksasa hingga Gereja Biola Jadi Kandidat

Kompas.com - 22/09/2021, 19:30 WIB
Situs arsitektur China Archcy.com kembali menggelar kontes ?Bangunan Terjelek? di China, bangunan dalam daftar sementara antara lain gereja berbentuk biola dan hotel Mongolia Dalam yang berbentuk boneka babushka yang mengerikan.
ALFONSLOPEZTENA via TWITTERSitus arsitektur China Archcy.com kembali menggelar kontes ?Bangunan Terjelek? di China, bangunan dalam daftar sementara antara lain gereja berbentuk biola dan hotel Mongolia Dalam yang berbentuk boneka babushka yang mengerikan.

BEIJING, KOMPAS.com - Situs arsitektur China Archcy.com kembali menggelar kontes “Bangunan Terjelek” di China, setengah dekade setelah pemerintah Presiden China Xi Jinping mengeluarkan arahan yang menyerukan diakhirinya struktur "besar, xenosentris, aneh".

Selama 11 tahun terakhir, situs arsitektur China telah mengundang orang untuk memilih dalam kontes tahunan ringan, yang diharapkan akan mendorong orang untuk merenungkan gagasan kecantikan yang fleksibel.

Baca juga: China Tak Mau Lagi Bangun PLTU Batu Bara di Luar Negeri, Banyak Pihak Menyambut Gembira

Survei untuk mencari daftar 10 bangunan terjelek China saat ini telah mengidentifikasi hampir 90 pesaing untuk edisi ke-12 dari survei tahunannya.

Bangunan dalam daftar sementara antara lain gereja berbentuk biola dan hotel Mongolia Dalam yang berbentuk boneka babushka yang mengerikan.

Bangunan dalam daftar sementara Bangunan paling jelek di China antara lain gereja berbentuk biola.ARCHCY via DAILY MAIL Bangunan dalam daftar sementara Bangunan paling jelek di China antara lain gereja berbentuk biola.

Ada juga sebuah rumah "terbalik" dan sebuah hotel dengan model boneka Rusia, yang meramaikan jajak pendapat untuk menamai bangunan China "paling jelek" 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi bangunan beragam mencakup gedung pencakar langit, museum, hotel dan fasilitas olahraga.

Semua memadukan beberapa bentuk yang tidak biasa dan ornamen yang tidak bijak, sehingga berkontribusi pada reputasi China sebagai negara dengan arsitektur bangunan aneh.

Baca juga: Akademisi Terkemuka China: Australia Akan Jadi Target Perang Nuklir

Kontes Bangunan Terjelek di China sementara dipimpin oleh Gerbang Lima Lengkung di Universitas Zhejiang di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang. 

ARCHCY via DAILY MAIL Kontes Bangunan Terjelek di China sementara dipimpin oleh Gerbang Lima Lengkung di Universitas Zhejiang di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang.

Melansir CNN pada Rabu (22/9/2021), hingga saat ini jajak pendapat publik telah menarik lebih dari 30.000 suara.

Di urutan pertama dalam kompetisi Bangunan Terjelek” di China sementara dipimpin oleh Gerbang Lima Lengkung di Universitas Zhejiang di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang.

Mengekor ketat dibelakangnya ada Jembatan Kaca di provinsi Sichuan yang tergantung di antara patung-patung pria dan wanita raksasa dalam kostum tradisional, yang kerap disebut patung 'selamat datang di neraka'.

Jembatan Kaca di provinsi Sichuan yang tergantung di antara patung-patung pria dan wanita raksasa dalam kostum tradisional, yang kerap disebut patung 'selamat datang di neraka'.ARCHCY via DAILY MAIL Jembatan Kaca di provinsi Sichuan yang tergantung di antara patung-patung pria dan wanita raksasa dalam kostum tradisional, yang kerap disebut patung 'selamat datang di neraka'.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.