Kompas.com - 23/09/2021, 07:15 WIB
Presiden AS Joe Biden berpidato dalam Sidang Umum PBB ke-76 di markas besar PBB di New York, AS, pada Selasa (21/9/2021). EDUARDO MUNOZ/POOL PHOTO VIA APPresiden AS Joe Biden berpidato dalam Sidang Umum PBB ke-76 di markas besar PBB di New York, AS, pada Selasa (21/9/2021).

NEW YORK, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung Palestina merdeka dalam pidatonya di Sidang Umum PBB, Selasa (21/9/2021).

Biden menuturkan, Palestina merdeka justru merupakan jalan terbaik untuk memastikan masa depan Israel.

“Kita harus mencari masa depan perdamaian dan keamanan yang lebih besar bagi semua orang di Timur Tengah,” kata Biden dalam Sidang Umum PBB di New York, AS.

Baca juga: Raja Salman Berpidato dalam Sidang Umum PBB, Dukung Denuklirisasi Iran

Dia menambahkan, solusi dua negara atas konflik Israel-Palestina adalah cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hidup dalam damai bersama negara Palestina yang layak, berdaulat, dan demokratis,” ujar Biden sebagaimana dilansir Arab News.

“Kita masih jauh dari tujuan itu saat ini, tetapi kita tidak boleh membiarkan diri kita menyerah pada kemungkinan kemajuan,” imbuh Biden.

Baca juga: Lewat Sidang Umum PBB 2021, Iran Ingin Pembicaraan Nuklir Dilanjutkan

Nuklir Iran

Selain angkat suara soal konflik Israel-Palestina Biden juga mengulangi janjinya untuk kembali ke kesepakatan nuklir 2015 guna mengekang program nuklir Iran.

Pada April, Iran dan AS sebenarnya memulai pembicaraan tidak langsung yang membahas kesepakatan nuklir 2015 di Wina.

Tetapi pembicaraan itu terhenti dua hari setelah Ebrahim Raisi terpilih sebagai Presiden Iran pada Juni sebagaimana dilansir Reuters.

Berpidato setelah Biden, Raisi melalui video mengungkapkan keinginannya agar pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia guna mengarah pada penghapusan sanksi AS dilanjutkan.

Baca juga: Menkes Brasil Positif Covid-19 Setelah Dampingi Presiden Bolsonaro dalam Sidang Umum PBB

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.