Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Sidang Umum PBB Wajib Sudah Divaksin Covid-19, Rusia Keberatan

Kompas.com - 16/09/2021, 06:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Semua peserta sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS), minggu depan wajib sudah divaksin Covid-19, tetapi Rusia keberatan.

Kewajiban bagi delegasi sidang umum PBB itu tertulis dalam surat dari kantor Wali Kota New York kepada presiden majelis tanggal 9 September.

Peserta sidang umum PBB juga harus menunjukkan bukti vaksinasi jika ingin makan atau berolahraga di dalam ruangan, tambah surat itu yang dikutip AFP.

Baca juga: BTS Bakal Terbang ke New York untuk Hadiri Sidang Umum PBB

New York mulai memberlakukan mandat vaksin pada Senin, yang membutuhkan bukti setidaknya satu dosis untuk banyak kegiatan di dalam ruangan, termasuk restoran dan tempat hiburan, tak terkecuali di sidang umum PBB.

Surat yang ditandatangani oleh komisaris kesehatan Kota New York dan dikonfirmasi oleh juru bicaranya mengatakan, ruangan sidang umum PBB diklasifikasikan sebagai "pusat konvensi", yang berarti semua peserta harus divaksinasi.

"Mereka (peserta sidang umum PBB) juga harus menunjukkan bukti vaksinasi sebelum makan, minum, atau berolahraga di dalam ruangan di kampus PBB, dan untuk ikut serta dalam semua hiburan, makan, dan kegiatan kebugaran yang luar biasa di Kota New York," katanya.

Namun, Duta Besar Rusia Vassily Nebenzia meminta pertemuan mendesak Majelis Sidang Umum PBB pada Kamis (16/9/2021) untuk membahas aturan tersebut.

Nebenzia menulis kepada presiden majelis Abdulla Shahid pada Rabu (15/9/2021) yang mengatakan, dia sangat terkejut dan kecewa dengan surat yang ditulis Shahid kepada para peserta sidang umum PBB, di mana dia mendukung bukti persyaratan vaksinasi.

Baca juga: Indonesia Tolak Resolusi Pencegahan Genosida dalam Sidang Umum PBB

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com