Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Anak-anak di AS Melonjak hingga 94.000, Ahli Ungkap Kekhawatiran

Kompas.com - 10/08/2021, 08:39 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber ABC News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pakar kesehatan masyarakat dan pejabat negara menyampaikan kekhawatiran karena lonjakan curam terjadi pada rawat inap Covid-19 di antara anak-anak, yang mencatat peningkatan paling signifikan sejak awal pandemi.

Setelah menurun di awal musim panas, kasus Covid-19 pada anak-anak terus meningkat lagi dalam beberapa minggu terakhir. Ini bersamaan dengan makin banyaknya anak yang kembali ke kelas.

Baca juga: Covid-19 di Iran Memburuk Lagi, Sehari Capai Rekor 40.000 Kasus

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Children's Hospital Association (CHA) menemukan kasus Covid-19 anak baru yang dilaporkan minggu lalu mengalami peningkatan “substansial dan berkelanjutan”, menjadi hampir 94.000 kasus.

Beberapa angka terburuk ada di Louisiana dan Florida. Tetapi kondisi itu diyakini bisa menjadi lebih buruk di tempat lain dengan cepat.

Pasalnya, pejabat kesehatan masyarakat telah menyatakan keprihatinan dengan varian delta yang sangat menular di tengah keragu-raguan vaksin yang berkelanjutan.

"Ini bukan Covid-19 (yang mengancam) orangtua," kata Dr Mark Kline, kepala dokter Rumah Sakit Anak New Orleans, kepada ABC News "Good Morning America" pada Senin (9/8/2021).

Louisiana menghadapi tingkat tertinggi kasus Covid-19 baru di negara itu dengan Rumah Sakit Anak di New Orleans menggambarkan apa yang mereka lihat sebagai "epidemi anak-anak yang sangat muda."

"Setengah dari anak-anak di rumah sakit kami saat ini berusia di bawah dua tahun. Sebagian besar lainnya berusia antara lima dan sepuluh tahun, terlalu muda untuk divaksinasi dulu."

Baca juga: Setiap 2 Menit, 1 Orang Meninggal karena Covid-19 di Iran

Di Florida, negara bagian dengan jumlah rawat inap Covid-19 anak terkonfirmasi tertinggi di negara itu, 179 pasien menerima perawatan, menurut data federal. Pada Senin pagi, Rumah Sakit Anak Nicklaus di Miami memiliki satu anak dengan ventilator.

Dr Marcos Mestre, wakil presiden dan kepala petugas medis rumah sakit, mengatakan kepada ABC News bahwa dalam beberapa pekan terakhir, timnya melihat "peningkatan signifikan" dalam kasus Covid-19 pediatrik.

Dia mengatakan beberapa anak sendirian di rumah sakit karena orangtua mereka, yang juga tidak divaksinasi, berjuang melawan Covid-19 di rumah sakit lain.

"Ini sulit," katanya, dan menempatkan "tekanan sosial yang tidak semestinya pada anak, seperti yang dapat Anda bayangkan, tidak memiliki orangtua."

Texas mengikuti Florida dengan 161 pasien anak yang dikonfirmasi dirawat di rumah sakit di seluruh negara bagian, dan di California, ada 98 pasien anak yang dikonfirmasi menerima perawatan.

Baca juga: Sepelekan Vaksin Covid-19, Pembawa Acara Radio Meninggal karena Virus Corona

Kondisi ini terjadi ketika rata-rata kasus harian negara itu untuk orang Amerika meningkat menjadi hampir 100.000 kasus sehari selama empat hari terakhir. Jumlah itu naik 31,7 persen dari minggu lalu dan hampir sembilan kali lebih tinggi dari rata-rata pada pertengahan Juni.

Untuk anak-anak berusia 17 tahun ke bawah, tingkat penerimaan rumah sakit anak per kapita 3,75 kali lebih tinggi daripada sebulan yang lalu, kondisi sekarang sama dengan titik tertinggi pandemi, pada Januari 2021.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com