Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Indonesia, Rusia dan Banglades Juga Kewalahan Tangani Varian Delta

Kompas.com - 29/06/2021, 23:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

MOSKWA, KOMPAS.com - Aturan kerja dari rumah (work from home/WFH) diberlakukan kembali di Moskwa pada Senin (28/6/2021) saat Rusia berusaha menahan gelombang virus corona mematikan yang dipicu oleh varian Delta.

Sementara itu, beberapa negara Asia juga memperketat pembatasan untuk menahan wabah yang berkembang ini.

Saat banyak negara-negara kaya berhasil menurunkan tingkat infeksi melalui vaksinasi massal dan cepat, negara berkembang masih menderita penyebaran virus corona mulai dari Banglades, Indonesia hingga Amerika Selatan.

Baca juga: Daftar Negara dan Kota yang Lockdown akibat Covid-19 Varian Delta

Penyebaran yang mengkhawatirkan ini dipicu oleh varian Delta yang sangat menular yang pertama kali terdeteksi di India.

Rusia mencatat ledakan kasus baru akibat virus corona dalam dua minggu terakhir karena varian Delta, dan pihak berwenang mengumumkan pembatasan baru mulai Senin (28/6/2021) di ibu kota, sambil terus mendorong warga yang skeptis mendapatkan suntikan vaksin.

"Untuk menghentikan pandemi, diperlukan satu hal: vaksinasi skala besar yang cepat," kata Wali Kota Moskwa Sergei Sobyanin kepada TV pemerintah, pada Sabtu (26/6/2021).

"Tidak seorang pun menemukan solusi lainnya," tambahnya.

Aturan pembatasan Covid-19 diperketat

Dimulai hari ini Senin (28/6/2021), orang-orang di Moskwa yang menjadi pusat wabah di Rusia, harus bekerja dari rumah di Moskwa. Namun, ada pengecualian untuk karyawan yang telah divaksinasi.

Mereka juga harus menunjukkan kode QR untuk memasuki restoran, yang menyatakan bahwa mereka telah divaksinasi, pernah terinfeksi Covid-19 dalam enam bulan terakhir, atau memiliki tes negatif Covid-19 yang valid.

Wabah di Rusia sebagai salah satu negara yang terdampak Covid-19 cukup parah, telah menimbulkan kekhawatiran di tengah berlangsungnya Euro 2020.

Saint Petersburg telah menjadi tuan rumah dari enam pertandingan, dan menjadi tempat untuk satu dari perempat final pada Jumat (2/7/2021). Jumlah penonton telah dibatasi menjadi setengah dari kapasitas, tetapi masih lebih dari 26.000 orang.

Baca juga: Ibu Kota Rusia Catat Kasus Covid-19 Baru Tertinggi, Tuan Rumah Euro 2020 Jadi Hotspot

Stadion Saint Petersburg menjadi tempat pertandingan antara Swedia melawan Polandia pada 23 Juni 2021.REUTERS/ANTON VAGANOV via DW INDONESIA Stadion Saint Petersburg menjadi tempat pertandingan antara Swedia melawan Polandia pada 23 Juni 2021.
Varian Delta menyebar di negara-negara Asia

Varian Delta telah menyebar di 85 negara dan merupakan yang paling menular dari semua yang teridentifikasi sejauh ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Virus juga berkembang di kawasan Asia-Pasifik, di mana Banglades memperketat penguncian (lockdown) pada Senin (28/6/2021) dan membatasi sebagian besar aktivitas ekonomi.

Negara berpenduduk lebih 160 juta orang ini, akan menutup toko, pasar, transportasi dan kantor secara bertahap pada Kamis (1/7/2021). Keputusan ini memicu eksodus puluhan ribu pekerja migran dari ibu kota.

"Kami tidak punya pilihan selain untuk pergi meninggalkan (ibu kota, Dhaka)," ujar Fatema Begum berusia 60 tahun, saat memberi tahu kantor berita AFP sambil menunggu feri.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com