Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Mainan Misterius Pop Mart Jadi Multi-Miliuner, Berapa Kekayaannya?

Kompas.com - 12/12/2020, 12:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber BBC

BEIJING, KOMPAS.com - Pembuat Mainan Misterius China melonjak nilai kekayaannya setelah mendapat respons positif dari perdagangan awal di pasar saham.

Melansir BBC pada Jumat (11/12/2020), Pop Mart didirikan oleh Wang Ning, telah berkembang pesat menjadi perusahaan bernilai sekitar 7 miliar dollar AS (Rp 98,49 triliun).

Perusahaan menjual mainan koleksi berbentuk figure yang masing-masing dijual seharga 8 dollar AS (Rp 112 ribu).

Mainan ini dikemas dalam kemasan tertutup sehingga tidak memungkinkan pembeli melihat apa yang ada di dalamnya.

Wang memiliki sekitar 50 persen dari Pop Mart setelah peluncuran pasar saham di Hong Kong pada hari Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Mainan Star Wars Langka Senilai Rp 7 Miliar Ditemukan di Tumpukan Sampah

Sekarang, dia memiliki kekayaan bersih 3,2 miliar dollar (Rp 45 triliun), menurut Forbes.

Pop Mart yang berbasis di Beijing mengumpulkan 674 juta dollar AS (Rp 9,48 triliun) dari penjualan saham.

Modal itu akan digunakan untuk membuka lebih banyak toko dan ekspansi ke luar negeri. Sahamnya naik 100 persen lebih tinggi pada awal perdagangan setelah debut pasar saham.

"Orang China stres selama berjam-jam dengan gaji rendah di tempat kerja dan harga rumah yang tidak terjangkau. Jadi mereka mencari bentuk hiburan yang bisa dibeli dengan harga murah," kata Shaun Rein, direktur pelaksana di China Market Research Group.

Pop Mart menjual produknya di 21 negara di luar China dan mengatakan bahwa pelanggannya sebagian besar berusia 18 hingga 35 tahun, sementara 75 persen adalah wanita.

Baca juga: Mainan Seks Abad ke-18 Ini Ditemukan di Sebuah Toilet Kuno

"Anak muda China menyukai barang-barang lucu untuk menghiasi meja dan rumah mereka. Sifat mengejutkan dari apa yang didapat juga membuat konsumen bersemangat," tambah Rein.

Milenial China menghabiskan lebih banyak uang untuk mainan misteri daripada hobi lainnya, seperti sepatu bermerek dan e-sports, menurut laporan dari platform e-commerce Tmall, yang dimiliki oleh Alibaba.

Pop Mart sebagai pemimpin di pasar mainan, mendapati kenaikan pendapatan sebesar tiga kali lipat tahun lalu sebesar 1,68 miliar yuan (256,8 juta dollar AS setara Rp 3,6 triliun), menurut laporan perusahaan.

Perusahaan ini memiliki kesepakatan lisensi dengan Walt Disney dan Universal Studios dan juga menjual produk dari pemasok pihak ketiga.

Baca juga: Viral, Foto Bocah 7 Tahun Makamkan Black Panther bareng Pasukan Mainan Avengers

Perusahaan riset Frost & Sullivan mengatakan secara keseluruhan penjualan mainan jenis pop, campuran budaya pop dan konten trendi, mencapai 20,7 miliar yuan (Rp 44,5 triliun) di China tahun lalu.

Kotak mainan misteri ini kembali ke bentuk awalnya yaitu model kapsul mesin penjual otomatis Jepang, yang dikenal sebagai Gashapon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com