Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Minta Publik AS Pilih Joe Biden

Kompas.com - 10/10/2020, 23:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg menyatakan, dia meminta kepada publik AS untuk memilih kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Greta menyatakan, siapa pun yang akan menjadi pemenang dalam Pilpres AS di 3 November mendatang bakal memengaruhi upaya melawan perubahan iklim.

Pendiri gerakan Fridays for Future itu dalam kicauannya di Twitter mengatakan, sebelumnya dia tidak pernah bersinggungan dengan partai politik.

Baca juga: Absen Berbulan-bulan, Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Kembali Turun ke Jalan

Tetapi, Greta Thunberg mengatakan bahwa Pilpres AS merupakan agenda paling penting menggunakan kacamata perspektif iklim.

Remaja berusia 17 tahun itu melanjutkan, dia memahami betul jika banyak publik AS masih ada yang mendukung petahana Donald Trump.

"Tapi, maksud saya... Anda tahu... Sial! Kalian atur dan pastikan semuanya untuk memilih #Biden," kata Greta dikutip AFP Sabtu (10/10/2020).

Joe Biden berusaha melawan Trump, petahana yang tidak hanya menampik bahaya perubahan iklim. Namun juga merendahkan si aktivis.

Presiden 74 tahun itu pernah berkicau di Twitter bahwa Greta harus menangani problem emosionalnya, seraya menyarankan agar dia menonton film bersama teman.

"Dia nampak seperti gadis muda bahagia yang tengah menatap masa depan yang begitu indah dan membahagiakan," jelas sang presiden.

Trump menanggapi pernyataan Greta di Sidang Umum PBB, di mana dia dengan marah memberikan pernyataan terkenal "beraninya kalian".

Biden, di sisi lain, berusaha menjangkau Greta dan memuji si remaja atas perjuangannya dalam menyadarkan publik akan bahaya perubahan iklim.

Bahkan pada September lalu, majalah Scientific American menyerukan kepada pembacanya untuk mendukung mantan Senator Delaware tersebut.

"Pikirkan bagaimana pilihan ini bias menyelamatkan ilmu pengetahuan daripada menghancurkannya," ujar editor majalah terkenal itu.

Baca juga: Dapat Hadiah Rp 17 Miliar, Aktivis Greta Thunberg Donasikan Semuanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com