Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Trump Bikin Partai Republik Khawatir di Pilpres AS 2020

Kompas.com - 07/06/2020, 14:36 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kegelisahan meningkat di kalangan anggota Partai Republik terkait respons Presiden Amerika Serikat, Donald Trump atas kematian George Floyd.

Respons Trump dianggap dapat rugikan partai mayoritasnya di Senat pada pilpres AS November 2020 mendatang.

Beberapa anggota Partai Republik khawatir seruan garis keras Trump di markasnya dapat memberi konsekuensi pada pemilihan suara di negara-negara bagian utama Senat, karena Partai Republik berjuang untuk mempertahankan mayoritasnya.

Baca juga: Rusia: Korea Utara Hentikan Perbincangan dengan AS sampai Pilpres AS 2020 Usai

Kini ada 53 anggota Republik di Senat dan 47 Demokrat dengan jajak pendapat yang menunjukkan empat kursi untuk pemilihan melalui virtual di Arizona, Colorado, Carolina Utara dan Maine.

Mitch McConnell, pemimpin mayoritas Senat dari Partai Republik, Kentucky menyatakan bahwa memenangkan suara dari para lulusan perguruan tinggi dan ibu-ibu pinggiran kota akan menjadi kunci utama dalam mempertahankan mayoritas Senat 2020.

Dilansir The Hill, salah seorang senator Republik yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa satu minggu terakhir telah meningkatkan kegelisahan atas politik ras presiden Trump dan konsekuensinya pada Senat.

Baca juga: Terungkap, Trump Ingin 10.000 Tentara Tangani Demo George Floyd di Washington

Setelah protes atas kematian George Floyd berubah menjadi kekerasan di berbagai kota, Trump mendeskripsikan dirinya sebagai presiden yang menganut prinsip 'hukum dan ketertiban'. 

Dia bahkan memberikan pernyataan bahwa AS telah dicengkram oleh kaum anarkis profesional, gerombolan perusuh, penjarah, pelaku pembakaran dan kriminal.

Kini pihak Republik khawatir dengan apa yang dilakukan dan diucapkan Trump akan mengasingkan para swing voter dan melukai partainya sendiri.

Baca juga: Resmi Jadi Capres AS 2020 dari Demokrat, Joe Biden Sindir Trump Pemecah Belah AS

Teguran dan dukungan untuk Trump

Mantan kepala Pentagon (menteri pertahanan) AS, James Mattis sebelumnya juga mengeluarkan teguran keras pada Trump yang melakukan foto op di depan gereja St. John sambil memegang Alkitab.

Trump dikatakannya telah menyalahgunakan wewenang eksekutif dengan melakukan foto op aneh.

Dilansir media The Atlantic, Mattis mengungkapkan, "Donald Trump adalah presiden pertama dalam hidup saya yang tidak mencoba untuk menyatukan rakyat Amerika, bahkan tidak berpura-pura mencoba. Sebaliknya, dia mencoba memecah belah kita."

Senator Lisa Murkowski dari Maine pada Kamis (4/6/2020) mengatakan bahwa dia berjuang untuk memutuskan apakah dia akan mendukung Trump kembali pada Pilpres 2020 mendatang atau mendukung kritik Mattis.

Baca juga: Mantan Kepala Pentagon: Trump Berusaha Memecah Belah Amerika

Ketika ditanya apakah dia mendukung Trump pada November mendatang, Murkowski menjawab, "Saya berjuang akan itu. Saya telah berjuang akan hal itu untuk waktu yang lama."

Dia juga menambahkan, "Dia adalah presiden kita yang terpilih. Saya akan terus bekerja dengannya... tapi saya pikir saat ini kita semua sedang berjuang menemukan cara untuk mengekspresikan kata-kata yang pantas," ujarnya pada wartawan di Capitol Hill.

Murkowski yang tidak memilih Trump pada 2016 lalu memuji pernyataan mantan kepala Pentagon, James Mattis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com