Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut, Lebih Kuat dan Sehat

Kompas.com - 15/11/2023, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kesehatan rambut perlu dijaga dan dirawat untuk menjaga kecantikan, keindahan, dan vitalitasnya.

Dilansir dari laman the Healthline, ada 13 jenis makanan bergizi yang punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Mulai dari sayur, buah, hingga aneka bahan berprotein tinggi.

Baca juga:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Penyebab adanya kerontokkan rambut, salah satunya dipicu oleh kurangnya nutrisi ini dalam tubuh.

2. Buah beri

Buah beri menjadi jenis buah pertama yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar mencegah rambut rusak. Buah beri punya vitamin C dan antioksidan yang kuat. Dalam 144 gram buah beri mengandung sekitar 85 miligram yang mana memenuhi 113 persen kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

3. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak nutrisi baik seperti folat, zat besi, vitamin A dan C. Kandungan tersebut cukup baik untuk pertumbuhan rambut.

Salah satu kandungan yang bermanfaat untuk rambut adalah zat besi. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

4. Ikan dengan lemak tinggi

Ada ikan salmon, herring, dan makarel yang merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik. Sebuah penelitian menyebutkan, ada sekitar 120 wanita yang mengonsumsi asam lemak omega 3 dan 6 terbukti berkurang jumlah rambutnya yang rontok.

5. Ubi jalar

Ubi jalar ukuran sedang memiliki kandungan beta karoten yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A harian tubuh seseorang.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan kalau vitamin A bisa memengaruhi produksi sebum sehingga bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

Ilustrasi buah alpukat, Buah untuk Mengatasi Trigliserida Tinggi, Termasuk AlpukatUnsplash / Charles Deluvio Ilustrasi buah alpukat, Buah untuk Mengatasi Trigliserida Tinggi, Termasuk Alpukat

6. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin terebut bisa mendukung pertumbuhan rambut sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau orang denagn rambut rontok mengalami pertumbuhan rambut hingga 34,5 persen lebih banyak setelah mengonsumsi suplemen Vitamin E selama 8 bulan.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal memiliki vitamin B, seng, dan asam lemak esensial yang tinggi. Mengonsumsi kacang almond sebanyak 28 gram per hari bisa memenuhi hampir 48 persen kebutuhan vitamin E harian.

Ilustrasi granola dari beragam biji-bijian dan kacang yang sehat. UNSPLASH/ ABHISHEK HAJARE Ilustrasi granola dari beragam biji-bijian dan kacang yang sehat.

8. Biji-bijian

Seperti kacang, biji seperti biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E dan vitamin B hampir 50 persen kebutuhan tubuh setiap 28 gramnya.

Jenis vitamin tersebut yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membuatnya tetap kilau dan kuat.

9. Paprika

Paprika merupakan sumber vitamin C yang kaya antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com