Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2024, 19:12 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi membuka pendaftaran semua sekolah kedinasan dimulai serentak 15 Mei sampai 13 Juni 2024.

Sejumlah sekolah kedinasan seperti Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), serta sekolah kedinasan lain sudah membuka pendaftarannya secara serentak

Meski begitu, PKN STAN menjadi sekolah kedinasan yang tidak mengikuti jadwal pendaftaran serentak seperti sekolah kedinasan lainnya.

Baca juga: Cek Syarat, Nilai Rapor, dan Biaya Sekolah Kedinasan STIS 2024

Kapan PKN STAN 2024 Dibuka?

Berdasarkan postingan akun resmi Instagram PKN STAN, seluruh pendaftar wajib mengecek website dan Instagram STAN secara berkala.

"Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN tahun 2024 belum dibuka, kepada para calon pendaftar mohon dapat memantau informasi spmb secara berkala melalui website dan media sosial resmi PKN STAN," tulis akun PKN STAN pada Kamis (16/5/2025).

Sementara itu, juga belum ada informasi apakah pembukaan PKN STAN menunggu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 atau tidak.

Persyaratan daftar PKN STAN

Meski belum ada informasi mengenai persyaratan, jadwal pendaftaran tahun ini, calon pendaftar bisa melakukan persiapan. Seperti mempersiapkan berkas, kesiapan fisik, dan memenuhi persyaratan lainnya.

Tahun ini PKN STAN membuka 720 formasi bagi semua lulusan SMA sederajat. Untuk. Itu, ketahui persyaratan yang ada untuk mendaftar:

1. Lulusan tahun 2021, 2022 atau calon lulusan 2023 Pendidikan menengah atas.

2. Memenuhi kriteria nilai (rata-rata dan bukan pembulatan).

Baca juga: Cek Syarat Batas Usia Daftar STIN 2024, Lulus Jadi CPNS atau Polisi

  • Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah maksimal 21 tahun dan minimal 14 tahun.

4. Memiliki nilai UTBK dengan batas minimal tertentu. Bagi pendaftar jalur reguler maupun afirmasi, nilai UTBK untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah 600, literasi Bahasa Indonesia 550, literasi Bahasa Inggris 450, penalaran matematika 500.

5. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

6. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

7. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com