Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang UTBK SNBT 2024 Gelombang 2, Panitia Ingatkan Peserta Cek Lokasi Ujian

Kompas.com - 11/05/2024, 11:33 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 gelombang 2 akan digelar pada 14 sampai dengan 20 Mei 2024.

Melalui akun Instagram resminya, panitia SNPMB meminta para peserta UTBK SNBT 2024 untuk kembali memeriksa pusat UTBK 2024 yang dipilih.

"Bagi peserta yang masih menunggu sesi ujian di gelombang II, cek kembali lokasi pusat UTBK, gelombang, hari, sesi dan seluruh persiapan lainnya untuk memantabkan diri," demikian yang tertulis di akun Instagram SNPMB BPPP, Jumat (10/5/2024) lalu.

Baca juga: Kisah Razzaq Kena DBD, Tetap Pakai Infus Saat Tes UTBK di Unesa

Sebelumnya, gelombang I UTBK SNBT 2024 sudah digelar pada 30 April dan 2 sampai dengan 7 Mei 2024.

Dalam pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama diketahui masih terjadi beberapa pelanggaran yang dilakukan peserta ujian.

Pelanggaran UTBK SNBT 2024

Misalnya seperti yang diungkapkan oleh Koordinator pelaksana UTBK SNBT Unpad, Inu Isnaeni Sidiq.

Menurut Inu, pelaksanaan UTBK tahun ini ada beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan calon mahasiswa.

Pada pelaksanaan UTBK hari pertama, kata Inu ditemukan beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan oleh peserta.

Seperti tidak menggunakan kemeja berkerah, tetapi menggunakan kaos oblong dan celana yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Unpad Ungkap Banyaknya Pelanggaran Saat UTBK 2024, Apa Saja?

Selain itu, juga masih banyak ditemukan peserta yang tidak membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam bentuk cetak.

Oleh karena itu, Inu mengimbau agar para peserta mempersiapkan kelengkapan berkas-berkas yang perlu dibawa ke lokasi ujian pada UTBK gelombang berikutnya.

"Perhatikan dokumen-dokumen wajib yang harus dibawa apa saja. Tata tertib yang ada pada kartu peserta itu diperhatikan kembali, termasuk berpakaian yang sopan, dan lain sebagainya," kata Inu dikutip dari laman resmi Unpad, Jumat (3/5/2024).

Inu juga mengingatkan agar para peserta dapat memperhatikan waktu pelaksanaan ujian dan hadir di lokasi paling satu jam sebelum ujian dilaksanakan.

Baca juga: Kisah Wahyu dan Maya, Penyandang Tunanetra Ikut UTBK di UNY

Serta mengimbau para peserta UTBK untuk melakukan survei lokasi ujian, maksimal satu hari sebelum tanggal pelaksanaan ujian dimulai untuk mencegah keterlambatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com