Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancang Stasiun Cuaca Mini Berbasis IoT, Tim Prodi Teknik Elektro UBL Raih Hibah PKM

Kompas.com - 10/05/2024, 20:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Teknik Elektro Universitas Budi Luhur (FT-UBL) angkatan 2022 berhasil meraih hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbudristek tahun 2024.

Proposal PKM 2024 skema pendanaan dibuka sejak 4 Maret hingga 18 April 2024, disusul kemudian pengumuman proposal yang lolos pada 19 April 2024. PKM dilaksanakan kurun 19 April-18 Agustus 2024.

Tim yang diketuai Rizka Aulia ini mengusung proposal PKM Karsa Cipta dengan judul "Rancang Bangun Stasiun Cuaca Mini Berbasis IoT untuk Memonitoring Cuaca Secara Real Time dan Memiliki Kemampuan Prediksi".

Tim terdiri atas anggota Didi Kristanto, Edry Jenny Natalie, Hafiz Muhammad Zain, Reinald Reyhan Rakhman dengan dosen pembimbing Akhmad Musafa. Fakultas Teknik UBL sendiri telah beberapa kali meloloskan tim meraih pendanaan PKM sejak tahun 2019.

Dalam proyek ini, Rizka dan tim membuat rancang bangun stasiun cuaca mini yang dapat mengukur parameter cuaca seperti iradiasi matahari, suhu dan kelembaban udara, kecepatan angin, dan juga curah hujan, serta memiliki kemampuan prediksi kondisi cuaca untuk satu hari, satu minggu dan satu bulan ke depan.

Selain itu, stasiun cuaca ini juga terintegrasi dengan IoT sehingga informasi dan prediksi cuaca yang dihasilkan dapat diakses secara luas oleh masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik UBL, Putri Suryandari menjelaskan, setiap tahun Kemendikbudristek melalui Ditjen Diktiristek selalu menyelenggarakan kompetisi program kreativitas mahasiswa, bertaraf nasional.

Kegiatan dilakukan dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

”Sejak tahun 2019, prodi Elektro UBL selalu memenangkan PKM Dikti, sehingga sudah 5 tahun berturut-turut memenangkan program ini,” ungkap Putri.

Dia optimistik, di tahun mendatang akan lebih banyak lagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur yang akan memenangkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa.

Baca juga: Ini 9 Bidang PKM yang Dilombakan di Pimnas Ke-36

Dia menyampaikan Prodi Teknik Eletro Universitas Budi Luhur memiliki tiga program peminatan sesuai dengan kebutuhan modernisasi, yaitu Teknik Telekomunikasi dan Multimedia, Teknik Kontrol dan Otomasi Industri, serta Teknik Kendaraan Listrik.

"Ketiga peminatan tersebut merupakan program yang sangat diminati oleh siswa-siswi SMK maupun SMU saat ini," pungkas Putri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com