Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 16:10 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 sudah dibuka mulai 21 Maret hingga 5 April 2024.

Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024, Prof. Rina Indiastuti mengatakan, nantinya siswa yang akan diterima secara nasional pada UTBK SNBT 2024 ada sebanyak 244.667 orang.

Baca juga: Sampai Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

"Yang terbesar (kuota) memang ada di jalur SNBT berbasis tulis 246.667 orang," kata Prof. Rina dikutip dari akun YouTube resmi SNPMB BPPP, Jumat (22/3/2024).

Prof. Rina menjelaskan, kuota penerimaan dari jalur UTBK-SNBT merupakan yang paling banyak. Karena, jumlah pendaftarnya akan lebih besar dibanding jalur lainnya.

Jumlah cakupan pendaftar itu terdiri dari siswa SMA atau sederajat kelas XII, lulusan Paket C tahun 2024, 2023, 2022, dan lulusan SMA atau sederajat tahun 2023 dan 2024.

"Jadi tentu saja pesertanya lebih banyak, tentu kursinya juga lebih banyak," ujar dia.

Bagi siswa yang ingin mendaftar UTBK-SNBT diharapkan untuk memenuhi semua persyaratan yang ditentukan pihak panitia SNPMB 2024.

Calon peserta UTBK-SNBT juga harus membayar biaya pendaftaran seleksi UTBK-SNBT sebesar Rp 200.000 yang bisa disetorkan di beberapa bank, seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, dan BSI.

Baca juga: Ada Dua Kelompok Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT 2024

Setiap bank memilik tata cara pembayaran tersendiri yang tahapannya bisa diakses melalui laman resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/informasi-umum.

Agar pendaftaran UTBK-SNBT lancar, sebaiknya simak tata cara berikut ini:

1. Login portal SNPMB

Pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT dan masuk ke portal SNPMB menggunakan akun SNPMB.

2. Melengkapi biodata

Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual.

3. Memilih program studi dan mengunggah portofolio

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com