Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia SNPMB: Peserta Harus Cermat Pilih Prodi pada SNBT 2024

Kompas.com - 22/03/2024, 15:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dibuka pada Kamis, 21 Maret 2024 pukul 15.00 WIB. Calon peserta dapat mendaftar hingga 5 April 2024 di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

"Pendaftaran mulai tanggal 21 Maret hari ini sampai dengan 5 April 2024," ucap Wakil Ketua 1 Tim Penanggung Jawab SNPMB sekaligus Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dilansir dari laman Unpad, pada Kamis (21/3/2024).

Prof. Rina mengingatkan calon peserta untuk memperhatikan tanggal penting dan ketentuan yang sudah ditetapkan panitia. Peserta diharapkan sudah mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Unnes Buka Kuota 3.522 Mahasiswa Baru pada SNBT 2024

"Rileks, ikuti aturan, ikuti prosedur, ikuti tanggal (penting)," ungkap dia.

Dia juga mengingatkan calon pendaftar untuk cermat memilih program studi (Prodi).

Selain itu, calon peserta juga diharapkan dapat memperhatikan daya tampung di prodi yang diminati dan angka keketatan tahun sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Rina juga menyampaikan bahwa panitia sudah menyediakan sejumlah pusat UTBK di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini untuk memudahkan akses peserta dari berbagai penjuru untuk mengikuti ujian di pusat UTBK terdekat atau yang paling mudah diakses di hari ujian.

"Tidak perlu di lokasi terdekat perguruan tinggi yang terpilih," ucap Prof. Rina.

Prof. Rina pun mengingatkan bahwa pendaftaran UTBK-SNBT tidak bisa dilakukan bagi peserta yang lolos SNBP.

Untuk itu, peserta yang lolos SNBP diharapkan dapat mengikuti proses pendaftaran di perguruan tinggi masing-masing.

"Bagi yang dinyatakan lolos SNBP harap mendaftar ulang," jelas Prof. Rina.

Wakil Ketua Pelaksana SNPMB, Rahmawati menambahkan, peserta SNBP yang belum lolos dan ingin mendaftar SNBT diharapkan dapat menunggu hingga 26 Maret 2024 atau setelah pengumuman SNBP.

Baca juga: Ada Dua Kelompok Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT 2024

Sementara itu, calon peserta gapyear atau yang tidak mengikuti SNBP 2024 untuk dapat segera mendaftar sebelum tanggal 26 Maret 2024, atau sebelum pengumuman hasil SNBP.

"Mumpung lalu lintas pendaftaran ini belum ramai, silakan dimanfaatkan," jelas Rahmawati.

Rahmawati menjelaskan, tahun ini pendaftar SNBT dapat memilih maksimal hingga empat program studi, meliputi 2 prodi sarjana dan 2 prodi diploma (D4/D3).

Hal ini sesuai dengan semangat integrasi pemilihan prodi sarjana dengan diploma. Peserta tidak harus memilih empat prodi.

Namun, bagi yang memilih empat program studi, minimal ada satu program D3 yang dipilih. Urutan pilihan dibebaskan sesuai minat peserta.

Baca juga: 7 Jurusan Unsoed Sepi Peminat dan Daya Tampungnya di UTBK SNBT 2024

"Jadi sekali mendaftar bisa memilih apakah mau ke Sarjana, ke Sarjana Terapan/D4 atau ke D3," tutup Rahmawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com