Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kampus yang Punya Jalur Masuk IUP 2024, Ada PTN hingga PTS

Kompas.com - 21/03/2024, 15:33 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - International Undergraduate Program (IUP) adalah program kelas internasional yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Jalur IUP dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar program studi di kelas internasional. Karena menggunakan bahasa Inggris, untuk mendaftar jalur IUP biasanya calon mahasiswa harus melampirkan sertifikasi Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS), wawancara, atau esai. Namun, kebijakan masing-masing kampus bisa berbeda.

Baca juga: UI Buka Pendaftaran S1 Kelas Internasional 2024, Ini Cara Daftarnya

Yang membedakan antara jalur IUP dengan jalur lainnya ialah lebih unggul pada sistem pembelajaran. Beberapa keunggulan di antaranya, mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar (double degree), kesempatan magang dan pertukaran pelajar ke luar negeri, program studi terakreditasi internasional, dan tidak kalah penting adalah relasi dengan mitra-mitra di luar negeri.

Di Indonesia, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jalur IUP, mulai dari PTN hingga PTS.

Berikut daftar PTN dan PTS yang punya jalur masuk IUP 2024:

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) terkenal dengan banyaknya program studi kelas internasional. Jalur masuk IUP UI terbagi menjadi dua, yaitu SIMAK UI (berdasarkan tes) dan Talent Scouting (berdasarkan rapor).

Baca juga: UI Buka Pendaftaran S1 Kelas Internasional 2024, Ini Cara Daftarnya

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka jalur masuk IUP untuk 24 program studi. Jalur masuk IUP biasanya dibuka sebanyak 3 gelombang setiap tahun. Seleksi IUP UGM berupa tes berbasis komputer.

Binus University

Binus mempunyai kelas internasional dengan 11 program studi. Tahapan seleksi antara WNI atau WNA tidak ada perbedaan, harus melewati The Entrance Test (tes potensi keberhasilan studi). IUP Binus juga memiliki Drawing Test untuk Program Studi Desain Grafis.

Baca juga: 5 PTN yang Membuka Kelas S1 Internasional, Dapat “Double Degree”

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki 6 program studi kelas IUP yang dibuka untuk mahasiswa WNI dan WNA. Berbeda dengan universitas lain yang menerima hasil tes TOEFL/IELTS, ITB memiliki tes sendiri yaitu English Language Qualification (ELQ) dan Academic Qualification (AQ), dan ada Drawing Test untuk program studi arsitektur dan seni rupa.

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) membuka kelas IUP untuk 10 program studi. Proses seleksi IUP Unair mewajibkan untuk melampirkan Motivation Letter untuk WNA, dan portofolio untuk calon mahasiswa WNI.

Masih banyak universitas lainnya yang membuka IUP atau program kelas internasional yang informasi lengkapnya dapat dicari di website masing-masing perguruan tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com