Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Daftar UTBK SNBT 2024

Kompas.com - 20/03/2024, 17:32 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan perlu diketahui calon mahasiswa yang mau mendaftar UTBK SNBT 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Pendaftaran UTBK SNBT 2024 sendiri dibuka Kamis, 21 Maret 2024 pukul 15.00 WIB. Jurusan kuliah yang menjanjikan bisa dipilih para calon mahasiswa dengan harapan setelah menyelesaikan studi bisa langsung terserap di dunia kerja.

Di era saat ini, program studi dengan dasar teknologi merupakan salah satu incaran calon mahasiswa.

Baca juga: 4 Jurusan ITS dengan Daya Tampung Banyak di UTBK SNBT 2024

7 jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan

Jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang bagus. Selain jurusan kuliah dengan dasar teknologi, masih ada jurusan kuliah lainnya yang menjanjikan untuk masa depan.

Dilansir dari laman Unnes atau Universitas Negeri Semarang, Rabu (20/3/2024) membagikan informasi mengenai jurusan kuliah yang menjanjikan dan bisa dijadikan referensi calon mahasiswa yang mau mendaftar UTBK SNBT 2024.

Berikut beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang menjanjikan karena banyak peluang kerja dan gaji besar.

1. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang menjanjikan pertama adalah Teknik Informatika. Teknologi informasi terus berkembang pesat, hal ini seakan membuat jurusan Teknik Informatika sebagai pilihan utama saat ini.

Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di sektor teknologi informasi dalam pengembangan software dan hardware.

2. Keperawatan

Selain jurusan kuliah dengan basic teknologi, ada jurusan lain yang di masa depan juga tetap akan menjanjikan. Salah satunya adalah Jurusan keperawatan. Jurusan kuliah bidang kesehatan ini selalu dilirik oleh banyak orang karena adanya peningkatan permintaan di bidang kesehatan.

Ini dikarenakan oleh meningkatnya jumlah penduduk dan juga peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

3. Manajemen Bisnis

Jurusan kuliah yang menjanjikan berikutnya adalah Manajemen Bisnis. Jurusan kuliah ini memberikan prospek kerja menjanjikan, karier yang stabil dan beragam di berbagai bidang bisnis.

Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis punya peluang besar bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN. Lulusan jurusan ini kerap kali dibutuhkan karena seluruh perusahaan pasti membutuhkan seorang manajer untuk menjalankan bisnisnya.

Baca juga: Dibuka Besok, Ini Cara Daftar UTBK 2024 untuk Gap Year

4. Kedokteran

Jurusan bidang kesehatan lainnya yang menjanjikan adalah Jurusan Kedokteran. Jurusan Kedokteran masih menjadi pilihan karier yang menjanjikan di masa depan dengan pesatnya perkembangan industri kesehatan.

Terlebih lagi, dengan semakin beragamnya penyakit yang ada di masyarakat maka jurusan ini tetap menjadi pilihan yang bagus untuk masa depan.

5. Ilmu Data

Di era bisnis modern saat ini, Jurusan Ilmu Data juga menjadi semakin populer. Bisa dibilang, ini merupakan jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com