Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASTRAtech Jadi Kampus Pertama Berikan Sertifikasi Otomotif dari Jerman

Kompas.com - 12/03/2024, 11:51 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik ASTRA (ASTRAtech) menggelar seremoni kelulusan program Bachelor Professional Automotive Mechatronics Batch 4, Jumat (8/3/2024).

Politeknik ASTRA (ASTRAtech) yang sebelumnya dikenal dengan nama Politeknik Manufaktur Astra merupakan institusi pendidikan tinggi strata pendidikan Diploma 3 yang berada di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI).

Baca juga: Astra Internasional Buka Lowongan Kerja, Terbuka bagi S1 Fresh Graduate

Seremoni kelulusan batch 4 ini memiliki perbedaan dari batch sebelumnya. Pasalnya, dalam batch ini peserta menempuh ujian dengan standar internasional yang diinisiasikan oleh Jerman dan pertama kali diterapkan di luar Jerman.

Ujian ini membuat mahasiswa menerima sertifikat Bachelor Professional Automotive Mechatronics.

Bachelor Professional Automotive Mechatronics merupakan sertifikasi kompetensi otomotif setara sertifikasi Meister di Jerman. 

Program ini dikembangkan oleh ASTRAtech bersama dengan beberapa institusi di Jerman seperti Perkumpulan Indonesia-Jerman (EKONID-AHK), Technischer Referent of Zentralverband Deutsches Kraftfahrzeuggewerbe (ZDK), Joachim Syha, dan Chief of Meister Examination Committee Handwerkskammer (HWK).

Peserta memiliki kesempatan dua kali dalam ujian Meister ini dan dapat melakukan ujian kapanpun saat merasa sudah siap.

“Dalam sertifikasi ini, diuji yang pertama praktek, yang kedua adalah teori otomotif, ketiga business administration, dan keempat adalah kemampuan menjadi mentor," ujar Tonny Pongoh selaku Wakil Direktur ASTRAtech kepada Kompas.com.

Baca juga: Astra International Buka Lowongan Kerja S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Sejalur dengan visi ASTRAtech untuk menjadi institusi pendidikan tinggi vokasi terdepan dalam menghasilkan lulusan berkompetensi dengan standar Internasional, program ini merupakan upaya ASTRAtech untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia agar mampu bersaing secara global di bidang otomotif.

Penguji dari Jerman didatangkan langsung ke ASTRAtech untuk menguji peserta. Ujian ini berlangsung lima hari untuk mendapatkan sertifikasi Meister.

Pada batch 4 ini, 12 peserta yang lulus merupakan professional dari Grup Astra antara lain: Toyota Sales Operation, Daihatsu Sales Operation, Isuzu Sales Operation, BMW Sales Operation, dan PT Astra Agro Lestari.

Baca juga: Binus University Terima Kunjungan 20 Universitas dari Jerman

Dengan program Meister ini, Tonny Pongoh menginginkan ASTRAtech dapat menjadi yang terbaik dalam meningkatkan kompetensi anak muda Indonesia menjadi siap dalam meningkatkan daya saing industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com