Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Prodi Informatika, UKWMS Bangun Generasi Tangguh Era AI dan Big Data

Kompas.com - 10/03/2024, 13:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Era digital yang kian pesat membuka peluang baru bagi para ahli informatika. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) merespon kebutuhan ini dengan meluncurkan Program Studi Informatika di bawah naungan Fakultas Teknik (FT) pada 8 Maret 2024.

Acara peluncuran Prodi Informatika dilaksanakan pada Jumat, 8 Maret 2024 bertempat di Ballroom Hotel Platinum Jalan Tunjungan, Surabaya.

Dua konsentrasi unggulan yang ditawarkan Prodi Informatika FK UKWMS meliputi;

  • Data Science: Memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengolah data besar dan menghasilkan pengetahuan baru.
  • Software Engineering: Merancang program yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan, meningkatkan kualitas, efisiensi, dan skalabilitas software.

Kepala Pusat Data dan Informasi sekaligus Dosen UKWMS Philipus Suryo Subandoro dalam kesempatan peluncuran prodi menjelaskan, kecerdasan buatan (AI) dibutuhkan untuk bisa mengambil serta mengolah data-data besar yang berkeliaran di internet.

"Dengan AI, data-data tersebut bisa dikumpulkan sesuai kebutuhan dan menghasilkan pengetahuan yang baru," jelas Philipus.

"Sedangkan “Software engineering mempelajari bagaimana cara kita membuat program yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan sehingga dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, dan rescalable software pada perusahaan. Agar bisa sesuai perkembangan perusahaan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Philipus menjelaskan, kinerja AI sangatlah berbasis pada data yang terkumpul. Sehingga bisa terpengaruh oleh bias yang dimiliki oleh penyedia data. 

"Untuk itu, di Informatika UKWMS penting bagi kami untuk menyediakan parameter yang bisa membantu menghasilkan AI yang lebih aman. Misalnya, dengan berinovasi untuk membuat alat detektor yang mampu membedakan karya seni manusia dan kecerdasan buatan," papar Philipus.

Perkuliahan Informatika akan diselenggarakan secara reguler di Kampus UKWMS Kalijudan, tepatnya di FT UKWMS, dan sudah tersedia laboratorium komputer dengan spesifikasi terbaru untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Selain itu, lanjut Philipus, UKWMS juga sudah mempersiapkan kerja sama dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri agar kualitas lulusannya semakin terjamin.

Baca juga: AI Bisa Geser Peran Manusia, Ini Solusi yang Ditawarkan Prodi Informatika Unpar

Bergabungnya para ahli yang menguasai bidang informatika serta berkecimpung langsung dalam proses pendidikan di UKWMS, diharapkan membuat sivitas akademika kampus kian maju dalam hal aplikasi teknologi.

"Pada gilirannya nanti, para lulusan juga bisa menjadi kontributor yang memberdayakan masyarakat Indonesia. Khususnya dalam hal pengembangan dan pemanfaatan teknologi informatika di berbagai bidang kehidupan," tutup Philipus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com