Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, Dosen UM Surabaya: Gaji Honorer Bisa Terganggu

Kompas.com - 08/03/2024, 11:22 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sumber anggaran program makan siang gratis janji politik program calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 akan menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Hal itu diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau langsung uji coba makan siang gratis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten beberapa waktu lalu.

Tentunya program makan siang gratis pakai dana BOS ini menuai banyak polemik di tengah masyarakat.

Pakar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Sri Lestari memberikan pendapatnya mengenai program makan siang gratis pakai dana BOS tersebut.

Baca juga: FSGI: Dana BOS untuk Makan Siang Gratis Bisa Ganggu Pembiayaan Pendidikan

Tari menjelaskan, kebijakan mengalokasikan dana BOS untuk membiayai program makan siang gratis tersebut perlu dikaji.

"Jika melihat kualitas pendidikan kita, sarana dan prasarana sekolah di seluruh Indonesia salah satunya diambil dari dana BOS," urai yang merupakan Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya, selama bertahun-tahun dana BOS ini diandalkan oleh sekolah. Mulai dari membayar biaya buku hingga gaji guru honorer.

Tari menekankan, selama ini dana BOS saja belum cukup untuk memenuhi segala beban anggaran biaya pendidikan. Apalagi jika program makan siang gratis pakai dana BOS tersebut benar-benar direalisasikan.

"Apalagi, jika dana BOS dipotong untuk program makan siang gratis, justru mengakibatkan gaji guru honorer yang saat ini masih tidak layak menjadi semakin memprihatinkan," beber Tari.

Baca juga: P2G Tolak Dana BOS Buat Program Makan Siang Gratis

Perlu merancang pos anggaran

Tari menambahkan, program makan siang gratis tergolong baru.

Seharusnya, program baru dirancang secara lebih detail termasuk darimana pos anggaran yang akan diambil. Bukan lalu mengambil pos anggaran yang sudah mapan sebelumnya.

Adanya program makan siang gratis untuk anak sekolah memang satu hal yang baik jika outputnya tepat sasaran.

Hal ini berarti bahwa nantinya anak-anak sekolah bisa mendapatkan jaminan makan siang yang bergizi dan setara.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini menekankan, jangan sampai program makan siang gratis ini kelak justru membebani APBN pendidikan. Dan justru berakibat pada semakin sedikitnya dana pendidikan. Sehingga berimbas pada kualitas pendidikan kita nantinya.

Baca juga: P2G Tolak Penggunaan Dana BOS Sekolah untuk Program Makan Siang Gratis

Program makan siang gratis pakai dana BOS ini tidak hanya menjadi bahasan para akademisi dan warganet di media sosial, program ini juga mendapat sejumlah penolakan dari para guru baru-baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com