Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mata Kuliah Unggul di Jurusan Digital Marketing

Kompas.com - 04/03/2024, 09:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi pemasaran digital atau Digital Marketing Communications (DMC) telah menjadi tulang punggung strategi bisnis modern di era teknologi saat ini.

Tidak hanya sebatas tentang memasang iklan online atau punya media sosial saja, tetapi juga mencakup analisis data, optimasi situs web, pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO), dan lainnya.

Pemasaran digital menggabungkan berbagai teknologi dan platform online untuk mencapai tujuan pemasaran dengan cara yang lebih efisien dan terukur.

Baca juga: 10 Jurusan Sedikit Peminat Universitas Brawijaya di UTBK SNBT

Pemasaran digital kini juga menjadi salah satu jurusan di universitas yang paling banyak diminati dan juga dicari lulusannya.

Dalam jurusan pemasaran digital, salah satu hal yang dipelajari adalah mengenai strategi pemasaran yang mempelajari cara promosi produk melalui media digital dengan harapan mampu mencapai konsumen dengan cepat, tepat, personal, dan relevan.

Jurusan ini juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang pemasaran, serta keterampilan untuk bisa melakukan analisis pemasaran, pengambilan keputusan, sampai komunikasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat dalam penjualan.

Mata kuliah yang relevan dengan dunia Digital Marketing

Berdasarkan keterangan resmi UPH, Minggu (3/3/2024), memberitahukan program studi (Prodi) Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) memahami pentingnya pemasaran digital dalam dunia bisnis modern.

Oleh karena itu, PJJ Ilmu Komunikasi UPH menawarkan beragam mata kuliah peminatan pemasaran digital yang mencakup topik, seperti strategi pemasaran digital, perilaku konsumen baik online maupun offline, manajemen event dan kampanye iklan digital, dan banyak lagi.

Dengan kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan terbaru dalam industri, mahasiswa UPH dipersiapkan untuk dapat terus beradaptasi terhadap tantangan dalam dunia pemasaran digital.

Lantas, apa saja mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa pada Jurusan Digital Marketing di PJJ Ilmu Komunikasi UPH? Simak 5 mata kuliah unggulan peminatan Digital Marketing di bawah ini.

Baca juga: Daya Tampung SNBT 2024 di 10 PTN yang Baru Buka Jurusan Kedokteran

1. Teknologi dan Media Baru

Mata kuliah peminatan Teknologi dan Media Baru dalam peminatan pemasaran digital di UPH bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang perkembangan terbaru dalam teknologi dan media yang memengaruhi strategi pemasaran digital.

Mahasiswa akan mempelajari tentang tren terkini dalam teknologi informasi dan komunikasi serta dampaknya terhadap perilaku konsumen dan strategi pemasaran.

Selanjutnya, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana teknologi baru, seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan realitas virtual (VR) serta augmented reality (AR), digunakan dalam pemasaran digital.

Mereka akan diajarkan tentang cara memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, personalisasi konten, dan analisis data.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com