Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gelar Pemilihan Rektor Periode 2024-2029 Mulai 1 Maret, Ini Kriterianya

Kompas.com - 28/02/2024, 12:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) siap membuka pemilihan Rektor periode 2024 – 2029. Rencananya, proses pemilihan Rektor Unpad Periode 2024-2029 akan mulai 1 Maret 2024

Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Dr. Arief Yahya mengatakan proses pemilihan Rektor Unpad mengacu pada prinsip pemilihan yang berasaskan good university governance. Di antaranya transparan, kredibel, responsif, jujur, demokratis, hingga inklusif.

Baca juga: Beasiswa S2 Kominfo ke Luar Negeri, Kuliah Gratis di MIT dan Oxford

Arief mengungkapkan bahwa memilih seorang rektor bukan hanya sebagai academic leader, tetapi juga mampu menjadi CEO atau business leader.

“Rektor yang kita pilih adalah gabungan dari academic leader dan business leader,” ungkapnya, dilansir dari laman Unpad.

Hal tersebut didasarkan bahwa sebagai PTN Badan Hukum, campur tangan pemerintah, khususnya dalam suntikan anggaran akan makin kecil.

Untuk mendongkrak peningkatan pendapatan PTN BH di luar dana APBN, seorang rektor PTN BH juga perlu bertindak sebagai corporate leader.

Baca juga: UNESCO Buka Beasiswa S1-S3 ke China, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Demi mewujudkan harapan tersebut, MWA Unpad melalui panitia pengarah dan panitia pelaksana akan melakukan sejumlah penilaian untuk mengukur seseorang layak untuk dipilih sebagai Rektor Unpad.

Kriteria menjadi rektor Unpad

Arief mengatakan, beberapa indikator penilaian di antaranya evaluasi dari Senat Akademik dan Dewan Profesor untuk mengukur porsi academic leader.

Hingga melakukan asesmen oleh pusat asesmen untuk menemukan kandidat dosen yang tidak hanya memiliki kemampuan sebagai pemimpin akademik, tetapi juga memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis.

“Kita harus cari dosen yang mengerti bisnis, sehingga dia bisa tahu bagaimana mencari uang (pendapatan),” imbuh Arief.

Senada dengan Arief, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak 1957, Unpad terus mengalami perkembangan setiap waktu.

Baca juga: Syarat Beasiswa S2 Kominfo 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Bulanan

Perkembangan ini kemudian memiliki tantangan yang besar pula. Karena itu, kata kunci dari proses pemilihan Rektor Unpad periode 2024-2029 adalah menemukan talenta dosen yang punya kemampuan pemimpin akademik juga pandai mengelola bisnis.

Rektor pun mendorong P3R Unpad dapat mengawal proses pemilihan rektor secara kondusif dan berlangsung lancar hingga pelantikan rektor terpilih dilakukan.

“Tidak sedikit perguruan tinggi yang memiliki berita kurang positif. Mudah-mudahan selama perjalanan pilrek, di luar sana tetap menilai positif ke Unpad,” kata Rektor.

Sementara Wakil Ketua MWA Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, menjelaskan, secara struktur Panitia Pemilihan Rektor Unpad 2024-2029 terbagi ke dalam dua kelompok.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com