Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMAN 2 Cibinong Raih 35 Medali Kompetisi Robotik Internasional

Kompas.com - 22/02/2024, 16:41 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SMA Negeri 2 Cibinong Jawa Barat berhasil menyabet 35 medali di kompetisi International Putrajaya Robotik Games yang digelar pada November 2023 di Malaysia.

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menyebut, tim yang dipimpin oleh Maulana Putra Wibawa ini berhasil meraih 12 medali emas, 10 perak dan, 13 medali perunggu.

Salah satu anggota tim robotik Silmi Ramadhiani mengaku sangat bangga bisa tergabung dalam tim dan berhasil membawa banyak medali emas.

Baca juga: Unesa Buka Jalur Seleksi Golden Ticket, Siswa Berprestasi Bisa Daftar

"Senang banget. Ini pengalaman berharga banget. Apalagi kami bisa ikut membanggakan nama sekolah," kata Silmi dikutip dari akun Instagram Disdik Jawa Barat, Kamis (22/2/2024).

Prestasi ini diraih SMA Negeri 2 Cibinong setelah belum lama membuka ekstrakurikuler robotik yang baru dibuka setelah para siswa melakukan pelatihan di Korea Selatan, tepatnya pelatihan itu dilakukan pada ajang Global Gifted Problem Solving.

Di sana, para siswa se-Asia Pasifik mendapatkan pelatihan seputar teknologi berbasis Sustainable Development Goals (SDG).

Proyek yang mereka buat di antaranya adalah robot yang bisa memilah sampah dan melakukan mitigasi bencana.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Cibinong, Elis Nuthayati mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat meningkatkan kemampuan siswanya setelah melihat potensi mereka sepulang dari Korea Selatan.

Baca juga: UNESCO Buka Beasiswa S1-S3 ke China, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Menurut Elis, hal itu bentuk dari adaptasi cepat terhadap kondisi dan perubahan zaman yang semakin pesat.

"Itulah yang disebut dengan adaptif karena perubahan zaman sekarang ini sangat dinamis," ucap Elis.

Elis pun mengingatkan kepada para siswa lainnya untuk terus berani bermimpi setinggi mungkin dan berupaya untuk meraih mimpi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com