Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengisian PDSS 2024 Diperpanjang, Sekolah Segera Finalisasi

Kompas.com - 11/02/2024, 10:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya di SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), pengisian PDSS 2024 (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) masih bisa dilakukan hingga Senin, 12 Februari 2024.

Hal ini sudah diumumkan di akun Instagram resmi SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek.

SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek memberikan kesempatan bagi sekolah yang sudah melalukan finalisasi siswa eligible (tahap ke-2), sehingga tinggal mengisi tahap selanjutnya yaitu finalisasi kurikulum (tahap ke-3) dan finalisasi nilai (tahap ke-4) untuk menyelesaikan tahap pengisian data PDSS.

Sekolah diberi kesempatan untuk mengisi data hingga Simpan Permanen mulai Sabtu, 10 Februari pukul 08.00 WIB hingga Senin, 12 Februari 2024, pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Cara Unduh Bukti Simpan Permanen SNPMB untuk Daftar SNBP-SNBT 2024

Pengisian PDSS 2024 diperpanjang

Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar siswa eligible yang telah terfinalisasi dapat melakukan pendaftaran SNBP 2024.

SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek mengimbau agar sekolah untuk segera melaksanakan seluruh tahapan pengisian PDSS dan tidak mengisi pada penghujung waktu batas akhir.

Sementara itu Koordinator SNBP Riza Satria mengungkapkan, pengisian PDSS untuk SNBP 2024 ada empat tahapan penting yang harus dilalui.

1. Memeriksa data sekolah, pastikan data sekolah yang di Dapodik benar.

Riza menerangkan, jika data di Dapodik sudah benar, pasti di PDSS juga benar.

2. Menentukan siswa eligible. Jika sekolah sudah mengetahui kuota yang diperoleh berdasarkan akreditasi kemudian menentukan rangking di sekolah.

"Jika siswa eligible sudah ditentukan, maka tinggal dimasukkan saja NISN-nya," kata Riza dalam sosialisasi pengisian PDSS seperti dikutip dari kanal YouTube SNPMB BPP Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Cara Simpan Permanen Akun SNPMB bagi Siswa, Terakhir 15 Februari 2024

3. Menentukan kurikulum.

Riza menambahkan, tahapan menentukan kurikulum ini perlu dilakukan karena di setiap sekolah punya kurikulum berbeda-beda. Misalnya semester satu menggunakan kurikulum apa, semester dua menggunakan kurikulum apa, begitu seterusnya sampai semester terakhir.

4. Memasukkan nilai siswa sesuai kurikulum yang digunakan.

"Jika sekolah sudah mempersiapkan rangking siswa dan semua nilai rapor sudah tersedia, maka pengisian PDSS akan lancar," ungkap Riza.

Riza menekankan, sekolah yang melakukan pengisian PDSS wajib melakukan finalisasi di setiap tahapannya.

Baca juga: 9 Jurusan Unnes yang Sepi Peminat dan Daya Tampung SNBP 2024

Jika masih terdapat kendala sekolah bisa menghubungi Call Center dan/atau Helpdesk SNPMB.

Informasi lengkap dan terkini mengenai SNPMB hanya melalui laman dan media sosial resmi SNPMB BPPP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com