Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finalisasi PDSS untuk Daftar SNBP 2024 Diperpanjang, Ini Cara Isi PDSS 2024

Kompas.com - 10/02/2024, 19:24 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Finalisasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 kini diperpanjang.

Pengumuman ini berdasarkan Siaran Pers Nomor 2/sipers/snpmb/II/2024 tentang Penyelesaian Pengisian PDSS untuk Memberikan Kesempatan Siswa Mendaftar SNBP oleh tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). 

Jadwal pengisian oleh sekolah sebelumnya dimulai dari 9 Januari 2024 sampai dengan 9 Februari 2024.

Baca juga: Daftar Prodi Baru SNBP 2024 di ITB, UGM, IPB dan Undip

Namun, berdasarkan evaluasi pengisian PDSS hingga penutupan pengisian PDSS pada 9 Februari 2024, pukul 15.00 WIB, ditemukan adanya sekolah yang belum menyelesaikan tahap Finalisasi PDSS.

Hal ini menyebabkan para siswa pada sekolah yang belum menyelesaikan finalisasi PDSS tersebut tidak dapat melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Untuk memberi kesempatan siswa dapat mendaftar SNBP, sekolah yang belum menyelesaikan pengisian PDSS diberi kesempatan melakukan finalisasi dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Sekolah yang diberi kesempatan menyelesaikan pengisian PDSS adalah sekolah yang sudah melakukan finalisasi siswa eligible (tahap ke-2), namun belum menyelesaikan finalisasi kurikulum (tahap ke-3), dan finalisasi nilai (finalisasi akhir pengisian PDSS).

2. Kesempatan pengisian PDSS bagi sekolah sesuai dengan kriteria pada poin 1 diberikan mulai Sabtu, 10 Februari 2024, pukul 08.00 WIB, sampai dengan Senin, 12 Februari 2024, pukul 15.00 WIB.

3. Adapun sekolah yang sudah melakukan tahapan finalisasi sampai dengan 9 Februari 2024, pukul 15.00 WIB, tidak diperkenankan melakukan pembatalan finalisasi (Unfinalisasi).

4. Pemberian kesempatan pengisian PDSS ini tidak mengakibatkan perubahan pada jadwal Pendaftaran SNBP.

Baca juga: Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024 bagi Lulusan SMA, Vokasi, S1-S2

Cara mengisi PDSS 2024

1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.

2. Sekolah yang sudah melakukan finalisasi siswa eligible bisa langsung melakukan pengisian kurikulum.

Baca juga: 44 PTN Buka Prodi Baru untuk Program D4 dan S1 pada SNBP 2024

3. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon perhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga. Akan ada perbedaan cara pengisian untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013.

4. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.

5. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan Anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com