Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Jangan Lupa Finalisasi PDSS 2024 untuk SNBP, Cek Tahapannya

Kompas.com - 26/01/2024, 15:47 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam tahapan SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), sekolah perlu melakukan pengisian PDSS 2024 (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Dalam pengisian PDSS 2024, sekolah perlu melakukan tahapan finalisasi jika semua data sudah diinput. Untuk jadwal SNBP 2024, pengisian PDSS baru ditutup pada 9 Februari 2024 mendatang.

Sehingga pihak sekolah perlu segera menyelesaikan pengisian PDSS 2024 dan melakukan finalisasi. Bagi sekolah yang masih dalam proses pengisian PDSS, berikut langkah melakukan finalisasi dalam pengisian PDSS 2024 untuk SNBP.

Sebagai informasi, pengisian PDSS dilakukan pihak sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

Baca juga: Ini Daya Tampung ITS 2024 Jalur SNBP dan SNBT, Calon Mahasiswa Cek

Tahapan finalisasi PDSS 2024 untuk SNBP

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.

PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk pengisian PDSS 2024 dan melakukan finalisasi:

1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB 2023.

2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.

3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

4. Finalisasi data sekolah dan jurusan pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, sekolah juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data.

Baca juga: Ini 8 Jurusan UNJ yang Sepi Peminat, Acuan Daftar SNBP 2024

6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.

Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com