Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus dengan Mahasiswa Lolos MSIB 2024 Terbanyak, UB Nomor 1

Kompas.com - 01/02/2024, 07:57 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak kampus yang masuk dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 6 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2024.

MSIB merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di berbagai perusahaan dan instansi.

Dari semua kampus mitra di tahun 2024 ini, ada 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang banyak menerima mahasiswa terbanyak di MSIB batch 6.

Peringkat pertama berhasil diduduki oleh Universitas Brawijaya dengan 2.148 mahasiswa yang lolos MSIB Batch 6 2024.

Baca juga: Daftar CPNS 2024? 8 Instansi Buka Formasi Lulusan SMA dan SMK

Dari daftar ini, ada satu PTS yakni Universitas Gunadarma denagn 1.173 mahasiswa dari 20 program studi.

Meski berada di posisi keempat, Universitas Gunadarma menjadi satu-satunya PTS yang memiliki peserta lolos MSIB batch 6 terbanyak di tahun 2024.

Koordinator Perguruan Tinggi MSIB, Intan Sartika Eris Maghfiroh mengatakan mahasiswa UB yang lolos tersebar di 167 mitra, seperti GOTO, Traveloka, BUMN, dan Perusahaan Swasta Multinasional.

“Kami mencatat ada lebih dari 6.678 mahasiswa yang mendaftar dari jenjang sarjana maupun vokasi yang mendapat rekomendasi. Alhamdulillah banyak yang diterima," kata Intan, dilansir dari rilis UB.

Intan menambahkan, MSIB batch 6 terdapat perubahan yang cukup signifikan pada tahapan pendaftaran yang telah dilakukan secara digital terutama pada dokumen Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Baca juga: Kisah May, Jadi Satpam Termuda Sekaligus Mahasiswa Kampus Muhammadiyah

“Perubahan ini menyebabkan kami cukup kebingungan di awal namun dengan koordinasi intensif terutama dengan pihak DALA dan ISS-MBKM, kami mendelegasikan tugas kepada setiap penanggung jawab prodi untuk melakukan verifikasi atas data mahasiswa yang masuk setiap harinya. Rekomendasi kemudian diberikan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi melalui DALA,” katanya.

Intan berbagi sedikit berbagi pengalaman di fakultas, salah satunya Fakultas Ilmu Komputer.

Ia mengatakan salah satu cara agar bisa mengirim mahasiswa terbanyak di antara fakultas yang lain adalah dengan melibatkan dosen penasehat akademik untuk memberikan konsultasi kepada mahasiswa terkait perusahaan dan posisi yang sebaiknya dilamar.

Para dosen juga berperan penting dalam hal ini dengan memberikan konsultasi kepada mahasiswa terkait perusahaan dan posisi yang sebaiknya dilamar sesuai dengan minat dan jurusan yang diambil. Dengan begitu, mahasiswa dapat lebih mudah dalam mencari mitra untuk tempat magang.

Baca juga: Beasiswa S2 Ajinomoto 2024 Kuliah Gratis ke Jepang, Tunjangan Rp 228 Juta

“Salah satu cara kami bisa mengirim banyak mahasiswa adalah dengan melibatkan dosen penasehat akademik untuk memberikan masukan kepada mahasiswa,” katanya.

Sebelumnya, UB juga pernah menjadi perguruan tinggi dengan peserta MSIB terbanyak pada batch 4.

“Banyaknya pendaftar yang ikut dalam program MSIB merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilakukan UB dalam mensosialisasikan dan mendorong mahasiswa untuk mengikuti program MBKM,” kata Intan.

Sementara untuk kampus dengan peserta lolos terbanyak di MSIB 2024 adalah seperti ini:

  • Universitas Brawijaya: 2148 mahasiswa (72 prodi)
  • Universitas Indonesia: 1558 mahasiswa (66 prodi)
  • Universitas Pendidikan Indonesia: 1483 mahasiswa (88 prodi)
  • Universitas Gunadarma: 1173 mahasiswa (20 prodi)
  • Universitas Diponegoro: 1118 mahasiswa (63 prodi)
  • Universitas Gadjah Mada: 1053 mahasiswa (77 prodi)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya: 1053 mahasiswa (41 prodi)
  • Universitas Negeri Semarang: 1006 mahasiswa (60 prodi)
  • UPN Veteran Jawa Timur: 1000 mahasiswa (21 prodi)
  • Universitas Padjadjaran: 938 mahasiswa (68 prodi)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com