Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog UGM Bagi 3 Langkah Tingkatkan Produktivitas di Awal Tahun

Kompas.com - 17/01/2024, 18:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar orang banyak yang memiliki resolusi ketika memasuki tahun baru. Namun, seiring berjalannya waktu, tidak banyak yang benar-benar merealisasikan resolusi yang ditargetkan.

Bahkan, tidak jarang resolusi yang dibuat berhenti sebatas catatan harapan-harapan semata, termasuk target produktivitas.

Baca juga: UGM Buka Kuota 9.362 Mahasiswa Baru pada Tahun Ajaran 2024/2025

Lantas bagaimana agar di tahun baru bisa menjadi titik awal untuk kembali memulai produktivitas yang sempat mengendor di tahun sebelumnya?

Dosen sekaligus Psikolog dari Fakultas Psikologi UGM, T. Novi Poespita Candra membagikan tiga langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan lagi produktivitas di awal tahun.

Pertama, menentukan tujuan yang ingin dicapai. Hal itu dilakukan dengan mensyukuri hal-hal yang telah dicapai di masa lalu.

"Jadi, tentukan apa tujuan yang ingin dicapai di tahun ini," ucap dia dilansir dari laman UGM, Rabu (17/1/2024).

Kedua, memikirkan dampak yang ingin diberikan dalam kehidupan. Selain itu juga pada siapa dampak akan dirasakan.

"Apakah hanya pada diri kita, keluarga atau masyarakat yang lebih luas lagi?" ungkap dia.

Baca juga: 20 Jurusan UGM dengan Daya Tampung Terbanyak pada SNBP 2024

Ketiga, lakukan kaizen atau perubahan kecil. Perubahan-perubahan kecil tersebut sebaiknya dilakukan secara konsisten setiap hari.

Perubahan-perubahan kecil yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus, sebut dia, bisa terakumulasi menjadi perubahan besar dalam kehidupan.

Baca juga: Daya Tampung 93 Jurusan Milik UGM pada SNBP 2024

"Misalnya hari ini lebih rileks, mulai hari ini tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi, atau menghasilkan satu paragraf tulisan setiap harinya," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com