Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USU Punya Daya Tampung 7.505 Kursi pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2024

Kompas.com - 17/01/2024, 14:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) membuka daya tampung sebanyak 7.505 kursi saat penerimaan mahasiswa baru 2024.

Semua daya tampung itu lewat tiga jalur penerimaan, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Mandiri.

Baca juga: Unsoed Buka Kuota 8.480 Mahasiswa pada Tahun Ajaran 2024/2025

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Dr. Edy Ikhsan mengatakan, semua daya tampung itu dibuka pada 49 program studi (Prodi) yang dimiliki USU.

"Di tahun ini, USU menyediakan daya tampung sekurang-kurangnya 60 persen untuk jalur SNBP dan SNBT, serta 40 persen untuk jalur mandiri," kata dia dilansir dari laman USU, Rabu (17/1/2024).

Dr. Edy juga menyatakan, USU memiliki jalur tambahan dalam penerimaan mahasiswa baru, yaitu salah satunya jalur Seleksi Berbasis Prestasi Unggul (SBPU).

"Di mana jalur penyaringan calon mahasiswa ini dikhususkan bagi para calon mahasiswa yang memiliki bakat akademik maupun non-akademik," ungkap dia.

Dia mengungkapkan, setiap sekolah harus memberikan bimbingan, arahan serta dukungan kepada para siswa-siswinya dalam memilih fakultas dan jurusan yang sesuai sehingga nantinya bisa lolos dalam tahap seleksi.

"Tingkat kompetisi yang cukup tinggi dan keketatan program studi itu harus betul-betul dijadikan data, jadi tidak hanya asal pilih tapi lihat peluang kursi dan keketatan tahun-tahun sebelumnya yang itu bisa menjadi pijakan," ungkap dia.

Baca juga: Unnes Buka Kuota 11.300 Mahasiswa Baru 2024 dari Semua Jalur

Kepala Badan Evaluasi Program Prioritas USU, Ikhsan Siregar menjelaskan, pada jalur SNBT menjadi yang paling ketat di seleksi ini.

Dia berpesan agar para siswa ketika mendaftar untuk tidak mengikut teman dan bersungguh-sungguh terhadap pilihannya.

"Dalam memilih program studi itu betul-betul yang diminati. Jadi jangan hasil ikutan dari kawan, dengar-dengar program studi yang suka dari kawan, atau dari paksaan orangtua," tutup Ikhsan.

Baca juga: UGM Buka Kuota 9.362 Mahasiswa Baru pada Tahun Ajaran 2024/2025

Informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa baru di USU, kamu bisa mengaksesnya pada laman https://penerimaan.usu.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com