Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Manfaat Berenang bagi Bayi Menurut Guru Besar Unair

Kompas.com - 10/01/2024, 11:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Berenang menjadi olahraga yang menyenangkan bagi bayi. Tak heran saat bayi berenang, riuh tawanya akan menghiasi suasana.

Tak hanya itu saja, ternyata hal itu memiliki beragam manfaat bayi bayi.

Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Prof. Roedi Irawan mengungkapkan, berenang memberikan 9 manfaat bagi tumbuh dan kembang bayi.

Baca juga: Pakar Unair: 4 Kondisi Ini buat Bayi Cedera Saat Pakai Pelampung Leher

Manfaat pertama, berenang dapat memperkuat otot tubuh.

"Membiasakan anak berenang saat masa pertumbuhan dapat membantu membentuk otot dan pertumbuhan serta kekuatan tulang," kata dia dilansir dari laman Unair, Rabu (10/1/2024).

Kedua, melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. Jika bayi dapat bergerak di dalam air dengan baik, ini menandakan bahwa koordinasi dan keseimbangan tubuh terlatih dengan baik.

Ketiga, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

"Saat bayi berenang, ia akan mengatur napas saat berada di dalam air dan mengangkat kepala untuk menghirup oksigen. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru pada bayi," ungkap dia.

Keempat, membuat bayi tidur lebih nyenyak. Saat berenang bayi akan mengeluarkan banyak energi. Kondisi ini yang menjadikan bayi lelah dan mengantuk setelahnya.

Kelima, menambah rasa lapar. Ketika bayi melakukan hal itu maka akan mengeluarkan banyak energi. Hal ini menjadikan bayi lelah dan mudah lapar, sehingga nafsu makannya meningkat.

Keenam, berenang melatih kepercayaan diri bagi bayi.

"Saat berada di dalam air, bayi akan mengatur keseimbangan dengan baik. Jika berhasil menguasai gerakan atau gaya tertentu, ini yang membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka," ujarnya.

Ketujuh, melatih kemampuan bertahan hidup.

Baca juga: Dosen Fikes UMM: Konsumsi MSG Tak Bahaya Asalkan Sesuai Takaran Ini

"Berenang adalah salah satu life skill yang perlu setiap orang miliki sejak dini agar bisa bertahan pada situasi yang berbahaya atau menyelamatkan orang lain dalam kondisi darurat di air," jelas dia.

Kedelapan, meningkatkan keterampilan kognitif. Hal itu dapat meningkatkan fungsi kognitif yang berkaitan dengan proses belajar, kemampuan membaca, berbahasa, berhitung, dan kesadaran spasial.

Kesadaran ini, bilang dia, merupakan kemampuan anak dalam membayangkan posisi, bentuk, dan gerakan suatu objek dalam pikiran.

Sebuah penelitian dari Griffith Institute of Educational Research menemukan fakta bahwa bayi yang belajar berenang sejak usia dini, akan memiliki kemampuan membaca, visual, ekspresi lisan, mengingat cerita, serta memahami arahan yang cenderung lebih baik saat dewasa.

Kesembilan, meningkatkan hubungan kasih sayang dengan anak.

Baca juga: Pakar UM Surabaya: Ini 8 Bahaya jika Bayi Minum Kopi

"Ketika bayi berenang ibu dan ayah pasti akan selalu menemani dan menjaganya. Hal inilah yang diharapkan bisa memperkuat hubungan antara anak dan orangtua," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com