Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kombes Deny, Lulus S3 di Unesa dengan IPK 3,98

Kompas.com - 05/01/2024, 15:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bisa menyelesaikan studi S3 di tengah kesibukan bekerja dan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Seperti Kombes Deny Heryanto yang berhasil lulus S3 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan meraih IPK 3,98.

Kombes Deny Heryanto mampu meraih gelar doktor dalam waktu 2,5 tahun dan menyelesaikan studi S3 Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa.

Sebagai disertasi, Kombes Deny mengusung judul "Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Penerapan Pendidikan Karakter: Studi Multikasus Kebhayangkaraan pada Taman Kanak-Kanak Malang Raya".

Baca juga: Kisah Kombes Pol Arnapi, Polisi yang Lulus S3 Unair IPK 3,97

Publikasikan 2 artikel ke jurnal internasional

Tak hanya bisa lulus dalam waktu singkat dan meraih IPK nyaris sempurna, Kombes Deny juga berhasil mempublikasikan dua artikel sekaligus ke jurnal internasional yang terindeks Scopus.

Hal itu membuatnya lulus di semester lima tanpa harus melalui ujian terbuka. Perjalanan Kombes Deny dalam meraih gelar doktor di Unesa bermula pada tahun 2020.

Kala itu, Kombes Deny bertemu dengan Prof. Sujarwanto yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Unesa saat laga sepak bola persahabatan di Lapangan Gawanan Colomadu, Solo.

Usai pertandingan, Deny melihat Prof. Sujarwanto sedang sibuk mengoreksi proposal dari salah satu mahasiswanya.

Karena penasaran, Deny menghampiri dan mulai berbincang seputar dunia kampus. Setelah obrolan itu, Deny tertarik untuk melanjutkan studi S3.

Namun Deny tak bisa langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Keinginannya saat itu belum bisa ditunaikan, sebab ia masih sibuk dengan berbagai tugasnya di kepolisian.

Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa PTUD LPDP 2024, Dibuka 11 Januari

Sempat kesulitan mengatur waktu di awal perkuliahan

Setahun kemudian, pria kelahiran Denpasar ini akhirnya mendaftar program doktor di Unesa.

Anggota polisi yang menjabat sebagai Auditor Itwil IV Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri ini mengaku, awal mengikuti perkuliahan pada 2021, sempat kesulitan dengan jadwal yang cukup padat di semester satu dan dua.

Dia harus beradaptasi dengan pembuatan artikel, tugas, dan presentasi lainnya. Kondisi itu bertepatan dengan Pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia.

Berkat ketekunan dan konsistensinya, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1999 itu herhasil menyelesaikan pendidikan doktornya dalam waktu yang cepat.

"Saya sempat mengurangi kesibukan di luar tugas pokok di tempat kerja agar bisa fokus kuliah. Selain itu, pada rapat-rapat penting saya hadir secara daring demi kuliah," terang Deny seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (5/1/2023).

Baca juga: 6 Cara Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Setelah lulus dengan pencapaian ini, Kombes Deny berkomitmen untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan, baik dalam kepolisian maupun di luar kepolisian.

"Motivasi saya melanjutkan studi S3 agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak saya. Bahkan, kalau bisa mereka harus lebih tinggi tingkat pendidikannya dari saya," tandas Kombes Deny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com