Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Diminta Sosialisasikan Perubahan PPKN Jadi Pendidikan Pancasila

Kompas.com - 02/01/2024, 15:02 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk melakukan sosialisasi masif mengenai perubahan mata pelajaran PPKN ke Pendidikan Pancasila.

Sebab, menurut Ketua Dewan Pakar FSGI Retno Listyarti, saat ini masih banyak sekolah yang belum tahu aturan yang mengharuskan mengubah mata pelajaran PPKN menjadi Pendidikan Pancasila.

"Kemendikbudristek bekerjasama dengan BPIP melakukan sosialisasi secara masif ke guru atau sekolah, dinas-dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau kota terkait perubahan mata Pelajaran PPKN ke Pendidikan Pancasila," kata Retno melalui keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: 8 Beasiswa S1-S3 yang Dibuka Januari 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Selain itu, FSGI juga mendorong Kemendikbud Ristek memastikan penyediaan buku Pendidikan Pancasila tidak hanya dalam bentuk soft copy.

Menurut Retno, buku tersebut juga harus tersedia dalam bentuk hard copy atau cetak sehingga pengadaannya di perpustakaan sekolah dapat segera tersedia.

"Untuk efektifnya proses pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Pancasila," ujarnya.

Retno mengatakan, sampai saat ini masih banyak sekolah negeri yang belum mengetahui perubahan mata pelajaran PPKN menjadi Pendidikan Pancasila.

Padahal, kata Retno, perubahan tersebut sudah tertuang pada Keputusan Mendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

"Meski telah ditetapkan secara resmi sebagai mata pelajaran Pendidikan Pancasila, namun pada realitanya di lapangan, masih banyak sekolah dan dinas pendidikan yang belum tahu dan paham perubahan tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Selain itu, lanjut Retno, buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga sampai saat ini masih belum beredar di masyarakat.

Buku tersebut padahal sudah dibuat oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan sudah dicetak.

"Namun faktanya belum ada buku teks utama Pendidikan Pancasila yang sudah dicetak dan diperjual belikan, yang ada baru dalam bentuk softcopy," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com