Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Universitas Terbuka 2024 D3-S1, Dibuka hingga Februari

Kompas.com - 21/12/2023, 10:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi terkait cara mendaftar di Universitas Terbuka jenjang diploma dan sarjana (S1) perlu diketahui mahasiswa yang ingin kuliah di UT.

Sebagai informasi, pendaftaran di Universitas Terbuka semester 2023/2024 (genap 2023) masih dibuka hingga 20 Februari 2024 mendatang.

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka di tahun 2023 masih bisa melakukan pendaftaran.

Baca juga: Pendaftaran Universitas Terbuka 2024: Jadwal dan Pilihan Prodi

Terkait cara daftar di Universitas Terbuka, bisa dilakukan dengan dua cara. Dilansir dari laman resmi Universitas Terbuka, Kamis (21/12/2023) berikut dua jenis registrasi yang ditetapkan Universitas Terbuka:

1. Pendaftaran mahasiswa baru/registrasi pertama

2. Registrasi mata kuliah

Cara daftar di Universitas Terbuka

Pendaftaran mahasiswa baru/registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi (DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama.

Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT. Selanjutnya mahasiswa harus melakukan registrasi mata kuliah yang diambilnya pada tiap semester berikutnya.

Berikut cara daftar di Universitas Terbuka yang perlu diketahui mahasiswa:

Setelah menentukan program studi yang diinginkan, mahasiswa akan memilih mata kuliah yang akan ditempuh pada setiap semester.

UT memiliki sistem SIPAS, yaitu sistem pemaketan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasikan dan terintegrasi dengan penyediaan bahan ajar.

Baca juga: Universitas Terbuka Bakal Buka 8 Prodi Baru pada 2024

Sedangkan Non-SIPAS adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan tanpa mengikuti aturan pemaketan mata kuliah dan tak terintegrasi dalam penyediaan bahan ajar.

Perolehan bahan ajar versi cetak program Non-SIPAS dilakukan secara mandiri dengan cara membeli secara online melalui Toko Buku Online (TBO) dan versi digital pada Toko Buku Digital UT atau melakukan pemesanan pada saat registrasi online.

Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi matakuliah dilakukan setiap semester sesuai kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses pada laman UT (http://www.ut.ac.id) atau diperoleh dari UT Daerah setempat.

Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai cukup waktu untuk belajar. Mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah akan menerima Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R) dari UT Daerah setempat untuk membayar uang kuliah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com