Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengabdian Masyarakat UBM Dukung UMKM Penjual Ikan Asin lewat Penguatan Nilai Tambah

Kompas.com - 20/12/2023, 21:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai upaya mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, Universitas Bunda Mulia (UBM) menggelar pengabdian masyarakat dengan fokus sasaran  pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktorat Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) UBM bekerja sama dengan Kemendikbudristek menggelar Seminar dan Diseminasi pelaksanaan kegiatan Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan.

Seminar pengabdian masyarakat yang digelar pada 8 Desember 2023 ini mengangkat pokok bahasan “Peningkatan Kemampuan Menciptakan Nilai Jual Ikan Asin sebagai Hasil Laut melalui Pemahaman Food Hygine: Integrasi Mitra dalam Aspek Ekonomi”.

Marcomm Manager UBM, Angelica Pramesthiningsih melalui rilis resmi menyampaikan seminar dihadiri sekitar 400 peserta, baik secara daring maupun luring dengan menampilkan empat narasumber.

Keempat narasumber tersebut yaitu; Suryo Wibowo (Dokter Spesialis Okupasi PT Husada Surya Harapan), Rima Melati (Praktisi Food Safety and Food Hygiene), Muchamad Bachtiar (Akademisi School of Business IPB), dan Siti Ariyah (Mitra Pelaku Usaha Pengolahan Ikan Asin Cilincing).

"Seminar kali ini merupakan pelaporan pelaksanaan kegiatan Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan yang dimulai sejak tanggal 8 November 2023 dengan serangkaian kegiatan," ungkap Angelica.

Rangkaian kegiatan itu meliputi; seminar, diskusi kelompok terpumpun, pelatihan sertifikasi halal, pendampingan pembuatan NIB (nomor induk berusaha) UMKM, dan analisis proksimat, organoleptik, hygienitas, angka kecukupan gizi dan logam berat dari SIG Laboratory.

"(Hal ini menjadi) bukti nyata manfaat kehadiran UBM bagi masyarakat sekitar melalui kolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan, tidak diragukan lagi," tegas Angelica.

Baca juga: Program Jagoan Lokal Bersama J&T Cargo Gelar Edukasi soal Social Commerce untuk UMKM

"Dampak positif kehadiran UBM bagi masyarakat sekitar dalam membimbing, mengembangkan ilmu pengetahuan serta membantu mengoptimalkan potensi bisnis pengembangan UMKM diharapkan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com