Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Bedah Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Calon Dokter

Kompas.com - 05/12/2023, 20:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dokter Nicholas David Marcellis atau dikenal dengan David Bedah menekankan pengertian pendidikan karakter dan mengapa hal ini sangat penting. Ia menilai pendidikan karakter menjadi konsep penting dalam dunia pendidikan modern.

 

"Kita perlu memahami pengertian pendidikan karakter. Pendidikan bukan hanya soal tentang ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi membentuk karakter dan nilai-nilai moral yang kuat dan prilaku yang baik untuk membimbing generasi mendatang," tegas dr. David melalui rilis resmi (5/12/2023).

Menurut pria kelahiran 9 Juli 1984, pendidikan karakter adalah mengajarkan kepada kita tentang nilai-nilai dasar kemanusiaan termasuk kejujuran, etika, moral, kebaikan, kemurahan hati, keberanian, kebebasan, kesetaraan, dan sosial.

"Pendidikan karakter bagi sejawat diartikan juga dengan dokter yang menjunjung tinggi etika profesinya dan mampu meningkatkan kemampuan kompetensi di bidang kedokteran," ujarnya.

Bagi yang tengah menjalani pendidikan kedokteran, David Bedah menjelaskan karakter apa saja yang harus dimiliki seorang dokter nantinya:

1. Komunikasi baik

Seorang dokter harus memiliki komunikasi yang baik terhadap pasien guna mengumpulkan data pasien, untuk menanyakan keluhan pasien dan membantu pasien proses therapi penyembuhan.

Hal ini sangat penting bagi seorang dokter guna membina komunikasi yang baik terhadap pasien dan keluarganya.

2. Berempati

Seorang dokter harus memiliki rasa empati yang tinggi terhadap pasien untuk merasakan, menghayati, dan menempatkan diri sebagai orang lain atau pasien.

Baca juga: Cegah Pneumonia Misterius, Dokter RSA UGM Imbau Masyarakat Tingkatkan PHBS

 

Bukan hanya sekedar berbasa-basi saja atau bermanis mulut kepada pasien, tetapi dokter juga dituntut untuk dapat mendengarkan aktif, responsif terhadap kebutuhan pasien, responsif terhadap kepentingan pasien, dan sebagainya.

3. Keinginan membantu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com