Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Lahirnya Entrepreneur Kampus, PresUniv Hadirkan Pembicara Internasional Ayman El Tarabishy dan Kyoo Il Jo

Kompas.com - 30/11/2023, 13:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) menggelar seminar internasional "Entrepreneurship Seminar: Sharing Insights on Korean Youth Entrepreneurship and Humane Entrepreneurship" di Kampus A PresUniv, Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (28/11/2023).

Seminar menghadirkan dua pembicara internasional: Ayman El Tarabishy (President & CEO International Council of Small Business atau ICSB) dan Kyoo Il Jo (Walikota Jinju, Korea Selatan).

Sebagai informasi, ICSB adalah organisasi internasional non profit, didirikan tahun 1955 dan berkantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Dengan perwakilan di 85 negara di dunia, salah satu peran ICSB adalah menghadirkan para pendidik, peneliti, pembuat kebijakan dan praktisi bisnis di seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan dan keahlian, serta mempromosikan pertumbuhan usaha kecil.

Seminar internasional ini dihadiri Rektor Presuniv Prof. Chairy, Rektor Internasional Presuniv Prof. Ki-chan Kim, Wakil Rektor bidang Akademik Handa S. Abidin, serta Ketua Program Studi Akuntansi Mila Reyes.

Selain dosen, staf, serta ratusan mahasiswa PresUniv lintas program studi, hadir pula sejumlah pebisnis dari Korea Selatan.

Dalam pemaparannya, selain berjejaring, Ayman menyampaikan pengusaha kecil juga harus memanfaatkan teknologi.

“Gunakan teknologi digital dan media sosial untuk mempromosikan usahanya, sehingga bisnis-bisnis skala kecil pun menjadi terlihat,” saran Ayman yang juga Deputy Chair, Department of Management George Washington School of Business, Washington DC,.

Ia melanjutkan, kalau bisnis skala kecil tidak terlihat, orang pun tidak akan peduli. Ayman juga menegaskan, para pengusaha skala kecil harus agile. “Mereka harus lincah dan cepat merespon berbagai perubahan, termasuk yang dipicu oleh perkembangan teknologi,” jelasnya.

Baca juga: 50 Wirausaha Terpilih “Entrepreneur Development 2023” Siap Berkolaborasi

Tantangan generasi muda

Dalam seminar itu, Ayman juga mendorong orang-orang muda untuk mau menjadi pengusaha. “Masa depan adalah milik orang-orang muda,” ujarnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, “Orang-orang tua sudah memperlakukan bumi dengan cara yang buruk. Mereka memicu terjadinya peperangan, menghasilkan sampah dan pencemaran, menyebabkan terjadinya pemanasan global dan berbagai penyakit menular lainnya.”

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com