Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 17:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Rizkisyah Putra Singarimbun atau biasa dipanggil Kiki menjadi juara 2 MasterChef Indonesia season 11.

Kiki yang merupakan lulusan SMK mampu bersaing dengan peserta yang umumnya merupakan lulusan sekolah kuliner dari luar negeri.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (27/11/2023), Kiki MasterChef Indonesia sendiri merupakan alumnus SMKN 8 Medan, Sumatra Utara tahun 2018.

Baca juga: Lowongan Kerja Perum Bulog bagi Lulusan SMA/SMK, D3 dan S1

Sebelum tampil di babak Grand Final, Kiki telah lebih dahulu mengalahkan sejumlah kontestan yang umumnya berlatar belakang pendidikan kuliner dari luar negeri.

Sebut saja seperti Nick Nierxen yang merupakan lulusan Le Cordon Bleu New Zealand, Rossa Verina Nugroho (Le Cordon Bleu Prancis), dan sejumlah peserta lainnya.

"Memang sempat agak minder. Tapi saya percaya bahwa semua peserta punya kekuatan masing-masing dan saya cukup percaya diri dengan kemampuan yang saya miliki," ujar Kiki.

Sebagai lulusan SMK, Kiki mengaku bisa mendapatkan banyak ilmu yang sangat berperan penting dalam kariernya di bidang food and beverage selama ini, bahkan bisa ikut berkompetisi di galeri Masterchef Indonesia.

Baca juga: 5 Jenis Keramik Berdasarkan Fungsinya, Info Ditjen Vokasi

"Terutama di pembentukan karakter selama di sekolah. Ini sangat berpengaruh sekali dan cukup menentukan dalam penjurian selain tentu saja kompetensi kita di bidang memasak ini," imbuh Kiki.

Meski Kiki jadi satu-satunya anak laki-laki di keluarganya, passion di bidang kuliner sudah muncul sejak duduk di bangku SMP. Hingga kemudian dia meneruskan sekolah di SMK dan memilih Jurusan Tata Boga.

"Ada saudara yang kebetulan bekerja sebagai chef di Dubai dan setiap kali pulang kami selalu dibagi-bagi duit pakai dolar. Jadi, saya terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan di bidang kuliner," tutur Kiki.

Tapi sebelum masuk ke SMKN 8 Medan, Kiki yang sudah paham betul akan passion di bidang kuliner ini rupanya melakukan survei terlebih dahulu ke sejumlah SMK-SMK di Medan.

"Jadi, ada beberapa SMK yang memang memiliki Jurusan Tata Boga, jadi saya diajak untuk survei terlebih dahulu," katanya.

Hingga akhirnya dia memilih SMKN 8 Medan karena memiliki fasilitas lengkap untuk Jurusan Tata Boga.

Sedang terkait dengan keikutsertaanya di MasterChef Indonesia, Kiki mengaku hal tersebut untuk mencari tantangan baru.

Terlebih, secara karier Kiki merasa sudah terlalu nyaman. Ia pernah bekerja di sejumlah hotel, restoran, hingga toko kue dan roti.

"Saya ingin mencari tantangan baru dan kalau misalnya tidak menang pun saya ingin mencoba untuk meniti karier di Jakarta," imbuh Kiki yang ternyata sudah bekerja sejak masih di bangku SMK.

Baca juga: Ini 5 Keunggulan SMK daripada SMA

Sedangkan mimpi Kiki ialah ingin memiliki restoran sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com