Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Vokasi Ini Sukses Kembangkan Dua Usaha

Kompas.com - 13/11/2023, 16:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki keahlian atau keterampilan tentu harus diasah. Apalagi bisa terampil dalam berbagai bidang.

Seperti yang dialami oleh Taufan Halim Ratnantio. Pemuda asal Semarang tersebut merupakan lulusan SMKN 11 Semarang Jurusan Grafika, lalu melanjutkan pendidikan di lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Sebagai insan vokasi, kini ia sudah mengembangkan usaha minuman Bobanesia dan printing bernama Rumah Sahabat Printing di Semarang.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (13/11/2023), ia bisa menjadi wirausaha itu tentu butuh proses panjang.

Baca juga: Lulusan Kampus Vokasi Bisa Kuliah di Taiwan dengan Program Beasiswa

Awalnya, ia memantapkan hati lulus SMK untuk membuka usaha. Ia membangun Bobanesia di tahun 2020, mulai dari desain logo, branding produk, sampai desain media sosial.

"Saya memang dari awal ingin jadi wirausaha. Lalu setelah itu, saya ingin menambah ilmu dengan kursus desain grafis digital printing di LKP Vision Collage (Vico)," ujar Taufan.

Melalui kursus gratis program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2022, Vico mendapatkan ilmu terkini di bidang desain grafis.

Ia bisa mempelajari banyak hal tentang pembuatan mug, gantungan, editing video, bahkan sablon kaos.

Tak hanya itu, dari program PKW ia mendapatkan modal rintisan usaha berupa barang-barang, seperti laminator, press mug, printer, square cutter, dan ATK. Bahkan sejak lulus PKW ia merambah usahanya ke bidang printing di Agustus 2022.

"Dari program PKW benar-benar menambah semangat mental wirausaha saya. Jadi, tidak gampang menyerah dan networking/relasi saya kini luas," imbuh Taufan.

Kini, ia mengembangkan dua usaha sekaligus. Setelah mengikuti program tersebut, ia pun mendapatkan omzet bersih dua kali lipat dari dua usaha tersebut.

Dari hasil wirausahanya tersebut, Taufan pun rutin membantu perekonomian keluarganya setiap bulan dan membantu usaha orang tuanya di rumah.

Semangatnya dalam berwirausaha ternyata turun dari keluarganya yang juga memiliki usaha katering.

Sementara Agusmanto selaku pemimpin LKP Vico menyatakan bahwa lembaga yang dibinanya berfokus pada peningkatan kompetensi di bidang komputer.

Kompetensi yang diajarkan LKP Vico tak hanya desain grafis, tapi juga digital marketing, editing video, dan administrasi perkantoran.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pupuk Organik, Info Ditjen Vokasi

"LKP Vico yang berdiri sejak 2004, berfokus pada peningkatan sumber daya manusia, mendidik dan melatih anak-anak muda untuk siap kerja atau berwirausaha dengan dibekali keterampilan sesuai dengan bidangnya, khususnya di bidang digital design," jelas Agusmanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com