Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Kriya ITB: Ini yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 21/11/2023, 15:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tertarik di dunia kriya, maka bisa mengambil jurusan atau Prodi Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seperti apa jurusan kuliah tersebut, dan bagaimana prospek kerjanya? Dilansir dari laman ITB, berikut ini penjelasannya.

Program Sarjana Kriya merupakan salah satu program studi tertua di Indonesia yang berfokus pada upaya pemanfaatan ragam kriya di Indonesia.

Sejak 1975, Program S1 Kriya telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia dan luar negeri.

Baca juga: Ini 7 Prospek Kerja Lulusan SMK Kriya Batik dan Tekstil

Bidang kajian Kriya

Adapun kriya mencakup pengetahuan dan keahlian yang bertumpu pada keterampilan dan penguasaan medium, yang kini bersifat multi-interdisiplin dan kontekstual.

Keterkaitan erat antara kriya dengan sejarah, lingkungan, dan tradisi masyarakat penciptanya menunjukkan pengertian dialektis dengan modernitas.

Kriya Tekstil:

Untuk jalur ini berfokus pada penciptaan produk tekstil bagi fashion, interior, aksesoris, dan sebagainya.

Jika ambil jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai konsep, motif, desain rakit, desain latar, bahan dan pewarna, serat, benang, kain, smartextile, dan lainnya.

Kriya Keramik:

Jalur ini berfokus pada pembuatan inovasi kriya keramik berdasarkan teknik dan proses pembuatan keramik, bahan dan dekorasi keramik, serta kombinasi bahan lain dalam kriya keramik.

Baca juga: Manfaat Belajar Seni Kriya bagi Anak, Berikut Contoh Kegiatannya

Kelebihan Prodi Kriya

Adapun lulusan Prodi Kriya mampu melahirkan kriyawan kreatif dan pemberdaya medium ke arah benda pakai yang melihat dunia kriya sebagai keilmuan dan keahlian yang dinamis-progresif.

Lulusan ini juga peka terhadap aktivitas kriya tradisi dan modern, eksploratif, adaptif, bahkan inventif terhadap masalah dan kebutuhan yang ada.

Termasuk kefasihannya dalam membaca medium sebagai dinamika ipteks baik pada bidang keahlian atau keilmuan keramik maupun tekstil.

Prospek kerja

1. Fabric Desainer

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com