Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Kipin Classroom, Steffina Yuli Ingin Wujudkan Pemerataan Akses Pendidikan Berkualitas

Kompas.com - 20/11/2023, 10:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kipin, edutech Indonesia, terus mendorong pemerataan kualitas pendidikan melalui digitalisasi pembelajaran berbasis teknologi melalui platform pembelajaran digital tanpa akses internet.

Melalui Kipin Classroom, Kipin berharap dapat menjadikan pendidikan Indonesia lebih inklusi, khususnya bagi wilayah yang belum atau kesulitan dalam mengakses internet.

“Banyak orang berbicara tentang pendidikan sebagai sesuatu yang membawa kesetaraan bagi berbagai kelas sosial, namun saya selalu melihatnya sebaliknya, sebagai sesuatu yang membawa kesenjanga," ungkap Chief Business Officer (CBO) Kipin, Steffina Yuli melalui rilis resmi (20/11/2023).

Steffina Yuli melihat dalam praktiknya saat ini masih banyak orang dengan keterbatasan ekonomi tertinggal dalam literasi sehingga berdampak pada masa depan yang kurang baik.

"Hal ini menjadi lingkaran setan dan terutama berlaku di negara-negara yang masih berkembang,” tegasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Kipin Classroom adalah salah satu inovasi dari Pendidikan.id, berupa hardware yang didesain sederhana dan portable.

Alat canggih ini telah berisi kebutuhan 3in1 untuk pembelajaran di sekolah mulai dari kebutuhan konten pembelajaran lengkap, perpustakaan digital internal sekolah, hingga software asesmen digital mendukung AKM (asesmen kompetensi minimum).

"Seluruh fitur didalamnya telah disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa Indonesia. Luar biasanya, semua ini dapat diakses, diunduh dan dioperasikan tanpa internet sama sekali," ungkap Steffina Yuli.

Lebih jauh ia menyampaikan, para guru kini tidak lagi memiliki kendala akibat keterbatasan akses internet.

"Mereka dapat fokus sepenuhnya pada optimalisasi pengajaran dan memotong jarak antara guru dan siswa. Konten pembelajaran kipin Konstruktif untuk kemandirian serta moral siswa," ujar Steffina.

Baca juga: Optimalkan Digitalisasi Pembelajaran, Bupati HST Terima Anugerah Kihajar 2023 dari Kemendikbudristek

Ia menyontohkan, menu Latihan Soal Mandiri dan bacaan literasi pendidikan untuk siswa seluruhnya menyangkut ilmu pengetahuan, budaya, moral dan budi pekerti.

"Tentunya hal tersebut akan menyempurnakan kebutuhan pengetahuan mereka di luar ilmu eksak dari mata pelajaran yang didapatkan," tambahnya, Steffina.

Kemudahan akses media pembelajaran

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com