Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri bagi Siswa SMA dan Mahasiswa

Kompas.com - 17/11/2023, 11:50 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri bisa menjadi salah satu cara untuk menambah pengetahuan hingga pengalaman. Terdapat banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelajar jika mengikuti program ini.

Pertama, kesempatan untuk belajar budaya, bahasa, dan tradisi negara lain. Dengan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, pelajar bisa memperluas wawasan dan pengetahuan mereka tentang dunia. Mereka juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca juga: 6 Negara yang Membuka Banyak Beasiswa bagi Pelajar Indonesia

Kedia, kesempatan untuk mengembangkan keterampilan akademik dan profesional. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, pelajar bisa mendapatkan akses ke kurikulum, fasilitas, dan metode pembelajaran yang berbeda dari negara asal mereka.

Namun, yang tak kalah penting adalah kemampuan program ini untuk membangun jaringan relasi dan networking. Melalui interaksi dengan sesama pelajar atau pengajar profesional, pelajar bisa mendapatkan informasi terkait tentang beasiswa, magang, ataupun pekerjaan.

Baca juga: 10 Pekerjaan Part Time buat Mahasiswa, Cek Kisaran Gajinya

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti pertukaran pelajar, berikut 7 rekomendasi program exchange yang dilansir dari lembaga kursus bahasa Inggris, Titik Nol English.

1. Encompass Trust

Dimulai sejak tahun 2003, pertukaran pelajar ini diadakan di wilayah London, Inggris, serta dapat mencakup wilayah Wales atau Skotlandia.

Peserta akan melaksanakan kegiatan selama 10 hari ini melibatkan partisipasi para pelajar dalam presentasi budaya, diskusi kelompok, dan berbagai aktivitas lain.

Info lebih lanjut: http://www.encompasstrust.org/

2. International Student Festival in Trondheim (ISFIT)

Program pertukaran pelajar di Norwegia ini merupakan festival pelajar internasional terbesar di dunia yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Terdapat 18 seminar yang diselenggarakan, mencakup berbagai topik internasional seperti politik, sosial, dan berbagai aspek lainnya.

Info lebih lanjut: https://www.isfit.org/

Baca juga: Beasiswa Kursus Singkat ke Australia, Beri Uang Saku dan Akomodasi

3. Youth for Understanding (YFU)

Youth for Understanding (YFU) di Jerman adalah badan amal internasional. YFU Indonesia sendiri memberi kesempatan siswa Indonesia untuk mengikuti pertukaran pelajar di negara-negara seperti Jepang, China, Korea, Australia, Turki, Serbia, Amerika, Mexico, Jerman, Belanda, Switzerland, Prancis, Austria, Belgia, Estonia, dan Lithuania.


Info lebih lanjut: https://www.yfu.org/

4. Asia Kakehashi Project

Asia Kakehashi Project ditujukan untuk siswa SMA yang ingin eksplor sistem pendidikan dan budaya Jepang. Beasiswa ini sepenuhnya didanai oleh Kementerian Jepang, terutama MEXT, yang mencakup biaya tiket pesawat, visa, asuransi kesehatan, biaya perjalanan lokal, serta uang saku bulanan.

Baca juga: Kemenag Buka 15 Pelatihan Online Gratis, Mahasiswa dan Dosen Bisa Ikut

Menariknya, selama menempuh studi di Jepang, peserta akan tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan orang Jepang asli.

Info lebih lanjut: https://afsindonesia.org

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com