Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Beberapa Manfaat Pramuka bagi Siswa SD

Kompas.com - 14/11/2023, 17:28 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Gerakan praja muda karana (pramuka) telah menjadi kegiatan atau ekstrakurikuler yang wajib diikuti, khususnya bagi siswa sekolah dasar (SD). Itu karena, banyak manfaat yang akan diperoleh siswa SD.

Menurut Dosen PGSD UMM Dr. Ichsan Anshory, Pramuka itu wajib diikuti karena adanya legalitas yang jelas.

Baca juga: 14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024

Alasan lainnya adalah kegiatan ini dapat memperkaya nilai pendidikan. Memberikan dimensi baru, di mana proses pembelajaran tidak hanya terpaku pada materi dan ruang kelas.

"Melalui kegiatan Pramuka, anak-anak diajarkan percaya diri, mandiri, tanggung jawab, dan saling peduli. Hal ini guna menyokong para pelajar dalam menghadapi kehidupan nyata," kata Ichsan dilansir dari laman UMM, Selasa (14/11/2023).

Dia menyebut, dalam konteks pendidikan di SD, Pramuka menggunakan metode pembelajaran yang berbasis permainan.

Hal ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, efektif, menarik, sehat, dan terarah.

Dia menekankan, pendidikan Pramuka di SD didesain dengan memperhatikan karakteristik perkembangan anak-anak, menggabungkan unsur pendidikan dengan kegiatan yang bersifat positif.

Salah satu aspek menarik yang diajarkan dalam kegiatan Pramuka adalah kebersamaan.

Melalui kegiatan seperti menyanyikan yel-yel ataupun permainan, anak-anak diajarkan untuk peduli terhadap sesama dan berbagi pengalaman dengan teman-temannya.

"Pramuka bukan hanya sekadar organisasi semata, tetapi juga wadah untuk membentuk kepribadian yang inklusif dan peduli terhadap lingkungan sekitar," jelas dia.

Pramuka bisa kembangkan skill baru

Dia menjelaskan, pentingnya pengajaran Pramuka di SD juga terlihat dari pengembangan skill baru, seperti Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Para siswa diajarkan cara merespons kecelakaan baik secara individu maupun kelompok. Lalu, tidak ketinggalan juga diajarkan cara mendirikan tenda melalui kegiatan Persami.

Baca juga: 5 Manfaat Bagus Bermain Video Game buat Siswa

Lanjut dia mengatakan, Pramuka memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Kegiatan berkelompok, seperti kerja bakti, penyelesaian konflik melalui musyawarah, hingga mengenali isyarat nonverbal menjadi bagian tak terpisahkan dari pembelajaran ini.

Semua dilakukan dalam suasana yang melibatkan orang dengan latar belakang beragam, menciptakan pengalaman belajar yang interaktif bagi para peserta.

"Yang tak kalah penting yaitu menumbuhkan jiwa leadership. Pramuka juga berperan sebagai wadah kaderisasi dalam membentuk sosok pemimpin ideal untuk berjiwa patriot, berkepribadian baik, serta menjunjung nilai luhur bangsa," ungkap dosen asal Madura ini.

Pentingnya pengajaran Pramuka di SD juga karena kegiatan ini menjadi bagian integral dari kurikulum.

Baca juga: Jadwal Libur Akhir 2023 bagi Siswa SD-SMA dan Mahasiswa

Sebuah langkah positif dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

"Pramuka menjadi petualangan pendidikan yang menyenangkan. Membawa anak-anak lebih dari sekadar pengetahuan akademis, karena memberikan fondasi yang kokoh untuk membangun karakter positif dan sikap peduli di sepanjang hidup," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com