Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga Pendidikan Tinggi YAI Telah Luluskan 68.703 Mahasiswa

Kompas.com - 12/11/2023, 16:06 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pendidikan Tinggi Yayasan Administrasi Indonesia (LPT YAI) telah meluluskan sejumlah 68.703 alumni yang tersebar mengbadi serta berkarya di berbagai instansi swasta maupun pemerintah. Bahkan, ada yang sukses sebagai entreprenuer di pusat kota, daerah, dan manca negara.

Jumlah itu tambahan dari 878 wisudawan/wisudawati dari wisuda ke-40 untuk Akademi Akuntansi YAI, wisuda ke-36 untuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, dan wisuda ke-33 untuk Universitas Persada Indonesia YAI dari lulusan Program D3, S1, Program Magister, Magister Profesi, dan S3.

Baca juga: 14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024

Ketua YAI 1972, Prof. Yudi Yulius menyatakan, dari total 68.703 alumni yang telah lulus, sebanyak 38.319 lulusan dari Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI, sebanyak 17.198 lulusan dari STIE YAI, dan sebanyak 13.186 lulusan dari Akademin Akuntansi YAI.

"Dari jumlah 878 lulusan yang baru di wisuda, ada 22 orang yang lulus dengan restasi terbaik bidang akademik, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan," kata Prof. Yudi dalam keterangannya, Minggu (12/11/2023).

Rektor UPI YAI, Prof. Sri Indriyati memberikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Lembaga Pendidikan Tinggi YAI.

Dia menegaskan, Lembaga Pendidikan Tinggi YAI telah memperlihatkan prestasi luar biasa di bidang akademis yang terbukti melalui pencapaian produktivitas dan prestasi yang telah dicapai.

Selain itu, lembaga ini juga sukses membina hubungan kerja sama dengan sejumlah mitra industri, perguruan tinggi, dan lembaga pemerintah di dalam negeri.

Bahkan, sejalan dengan salah satu visi terkait Internasionalisasi, Lembagai Pendidikan Tinggi YAI telah mengembangkan kolaborasi secara intensif dengan berbagai institusi di luar negeri.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta Versi QS AUR 2024, UGM Nomor Berapa?

Lewat MBKM ciptakan SDM unggul

Prof mengaku, sejak pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) nasional pada Semester Genap 2020/2021, lebih dari 302 mahasiswa UPI YAI telah aktif mengikuti Program MBKM.

Program ini mencakup berbagai kegiatan seperti Program Kampus Mengajar, Magang, Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa, Bela Negara, Kewirausahaan, dan
Praktisi Mengajar.

Hal serupa juga berlaku bagi mahasiswa STIE YAI, yang turut serta dalam Program MBKM melalui kegiatan Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, Magang, Proyek Kemanusiaan, dan Kewirausahaan.

Baca juga: USK Telah Luluskan 154.878 Mahasiswa

Perkembangan ini mencerminkan komitmen Lembaga Pendidikan Tinggi YAI dalam mendukung dan melibatkan mahasiswa dalam inisiatif kebijakan MBKM sebagai bagian integral dari pembangunan SDM unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com