Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Bahasa Daerah, Festival Tunas Bahasa Ibu Sulselbar Tingkat SD Resmi Dimulai

Kompas.com - 10/11/2023, 10:36 WIB
Erwin Hutapea

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) membuka secara resmi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Sekolah Dasar Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 2023 pada Kamis (9/11/2023) malam di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pergelaran ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pelestarian bahasa daerah di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya, khususnya untuk generasi muda.

“Acara FTBI Provinsi Sulsel dan Sulbar untuk tingkat SD kita buka bersama. Rasa bangga dan apresiasi yang luar biasa juga kepada Pemprov Sulsel dan Sulbar beserta semua kabupaten/kota yang telah ikut melaksanakan festival ini,” ucap Sekretaris Badan Bahasa Hafidz Muksin dalam pembukaan acara tersebut.

Dia mengatakan, rangkaian perhelatan FTBI Provinsi Sulsel dan Sulbar menjadi wujud nyata salah satu program prioritas Badan Bahasa, yaitu pelindungan bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra daerah di berbagai wilayah di Indonesia.

Dua program prioritas lainnya adalah literasi kebahasaan dan kesastraan serta internasionalisasi bahasa Indonesia.

Dalam platform Merdeka Belajar Episode Ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah yang sudah diluncurkan ke seantero Tanah Air, Kemendikbud Ristek melalui Badan Bahasa secara bertahap melakukan revitalisasi bahasa daerah.

Program ini diterapkan terhadap 39 bahasa daerah di 13 provinsi pada 2022, kemudian dilanjutkan tahun 2023 dengan melibatkan 59 bahasa daerah di 22 provinsi.

Selain itu, ada pula platform Merdeka Belajar Episode Ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk LIterasi Indonesia.

Hafidz Muksin mengungkapkan, para peserta yang menjadi pemenang dalam FTBI Provinsi Sulsel dan Sulbar 2023 akan mengikuti kompetisi selanjutnya untuk tingkat nasional di Jakarta pada tahun depan, sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024.

“Anak-anak yang juara akan diundang ke FTBI tingkat nasional, baik tingkat SD maupun SMP, pada tanggal 2 Mei 2024, bertepatan dengan Hardiknas,” imbuhnya.

FTBI Provinsi Sulsel dan Sulbar 2023 dilaksanakan oleh Badan Bahasa bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dan berlangsung pada 10-11 November 2023.

Ganjar Harimansyah selaku Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan menyatakan, generasi muda termasuk anak-anak sekolah merupakan sasaran utama FTBI ini sebagai bagian dari revitalisasi bahasa daerah.

Sebab, anak-anak muda adalah generasi yang akan meneruskan penggunaan bahasa daerah di masyarakat penuturnya.

“FTBI ini puncak kegiatan revitalisasi bahasa daerah yang berfokus pada regenerasi, jadi difokuskan ke penutur muda tingkat SD dan SMP. Acara ini menyediakan ruang kreativitas sehingga anak-anak bergembira menggunakan bahasa daerah,” ujar Ganjar Harimansyah.

Sebagian peserta yang tampil dalam pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Sekolah Dasar Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 2023 pada Kamis (9/11/2023) malam di Makassar, Sulawesi Selatan.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Sebagian peserta yang tampil dalam pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Sekolah Dasar Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 2023 pada Kamis (9/11/2023) malam di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dia memaparkan, ada tiga model revitalisasi bahasa daerah. Pertama, yaitu Model A yang berkarakteristik daya hidup bahasanya masih aman dan jumlah penutur masih banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com