Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di ITS dan IPB, Baru Dibuka Tahun 2023

Kompas.com - 09/11/2023, 07:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam penerimaan mahasiswa baru 2023/2024, ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang baru saja membuka Program Studi Kedokteran atau Pendidikan Dokter.

Dua PTN yang tahun 2023 membuka Prodi Kedokteran adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Penerimaan mahasiswa baru Prodi Kedokteran di ITS Surabaya maupun di IPB pada tahun ini baru dibuka untuk jalur mandiri.

Sehingga saat mendaftar, calon mahasiswa juga harus mempersiapkan biaya kuliah berupa uang pangkal yang dibayarkan satu kali saat masuk serta Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayar per semester.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah UGM Per Semester? Cek Semua Jalur Masuk

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, daya tampung S1 Kedokteran ITS hanya 50 mahasiswa saja. Berikut syarat untuk mendaftar S1 Kedokteran ITS:

  • Lulusan SMA/MA/sederajat tahun 2021, 2022 atau 2023.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Penilaian untuk mendaftar jurusan S1 Kedokteran ITS terdiri dari:

  • Nilai rapor semester 1-6.
  • Nilai UTBK SNBT tahun 2023.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Jepang, Tawarkan Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 15 Juta

Calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Umum ITS 2023 dikenakan biaya pendidikan berupa:

1. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan.

Besaran biaya ditentukan ITS dalam satu kategori (khusus program studi Kedokteran) dengan mempertimbangkan kemampuan orangtua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), yang dibayarkan penuh sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa yaitu pada saat daftar ulang.

3. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), yang dibayarkan tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP mulai semester 2 sampai semester 6. Namun khusus Seleksi Mandiri Umum Kedokteran tahun 2023 tidak dikenakan SPA.

 

Uang pangkal kuliah Kedokteran di ITS dan IPB

Calon mahasiswa yang diterima di S1 Kedokteran ITS wajib membayar uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) minimal Rp 150 juta yang dibayar penuh saat daftar ulang.

Calon mahasiswa yang diterima di S1 Kedokteran ITS tidak akan dikenakan komponen biaya SPA. Hanya SPP yang dibayar per semester sebesar Rp 20 juta.

Untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran S1 Kedokteran ITS bisa dibaca di laman its.ac.id/admission. Sedangkan pendaftaran bisa dilakukan di laman admission.its.ac.id.


Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 9 Kampus Swasta, Ada yang Rp 899,5 Juta

Sedangkan biaya kuliah Prodi S1 Dokter di IPB terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang pangkal atau disebut dengan istilah Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com