Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sekolah Pilot yang Ada di Indonesia Beserta Biaya Sekolahnya

Kompas.com - 08/11/2023, 20:36 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pilot merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk mengemudikan pesawat terbang. Menjadi pilot merupakan cita-cita yang banyak diinginkan oleh anak-anak di Indonesia.

Namun, untuk menjadi pilot terdapat beberapa tahap pendidikan yang harus ditempuh sebelum nantinya mendapatkan lisensi untuk bisa menerbangkan pesawat.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Sejumlah Daerah Hapus Kewajiban Calistung dalam PPDB

Terdapat 4 lisensi yang berbeda, yang dapat diambil oleh seorang pilot.

  • Private Pilot License (PPL) memungkinkan pemegangnya untuk terbang dengan pesawat tunggal untuk keperluan pribadi atau non-komersial hanya pada siang hari.
  • Commercial Pilot License (CPL) memungkinkan pemegangnya untuk terbang dengan pesawat komersial dan membawa penumpang. Namun, pemegang CPL masih perlu mendapatkan kualifikasi Instrument Rating (IR) untuk terbang dalam kondisi cuaca tertentu.
  • Instrument Rating (IR) adalah lisensi tambahan yang diperlukan untuk melengkapi lisensi CPL, memungkinkan pilot untuk terbang dengan lebih mahir di siang dan malam hari, serta menghadapi kondisi cuaca berkabut atau mendung.
  • Multi Engine (ME) adalah lisensi yang diperlukan untuk menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

Bagi kamu yang tertarik menjadi pilot, terdapat 7 sekolah pilot yang ada di Indonesia.

Berikut ini 7 sekolah pilot beserta dengan biaya sekolahnya yang telah tim Kompas.com rangkum.

1. Aero Flyer Institute Tangerang

Aero Flyer Institute, sebuah sekolah penerbangan untuk pilot, berlokasi di Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang. Sementara itu, pelatihan penerbangan dilakukan di Bandara Budiarto Curug-Tangerang dan Bandara Cakrabhuwana, Cirebon-Jawa Barat.

  • Biaya PPL: Rp 289 juta (4 bulan).
  • Biaya paket PPL, CPL, IR: Rp 762 juta (14 bulan).
  • Biaya paket PPL,CPL,IR, ME: Rp 892 juta (16 bulan).

2. Bandung Pilot Academy (BPA)

Bandung Pilot Academy (BPA) adalah sekolah penerbangan yang berlokasi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

BPA memiliki tujuan untuk mencetak pilot yang profesional, kompeten, dan siap bekerja di industri penerbangan nasional dan internasional.

BPA menawarkan program pelatihan penerbangan yang terdiri dari lisensi PPL, CPL, IR, dan ME. Biaya pendidikan di sini mencapai Rp 800 juta yang sudah termasuk PPL, CPL, ME dan IR.

Baca juga: Cerita Lulusan S2 Kenotariatan Undip yang Sukses Jadi Pilot Perempuan

3. Bali International Flight Academy (BIFA)

BIFA adalah sekolah penerbangan yang berlokasi di Buleleng, Bali. BIFA memiliki misi untuk memberikan pelatihan penerbangan berkualitas untuk menghasilkan profesional penerbangan kelas dunia sambil memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan yang ketat.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di BIFA mencapai Rp 985 juta yang mencakup lisensi PPL,CPL, ME, dan IR.

4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

STPI adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

STPI berlokasi di Tangerang, Banten, dan memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan dan pelatihan penerbangan yang unggul dan berdaya saing di tingkat regional dan internasional.

Pendidikan di STPI Curug memiliki biaya sekitar Rp 65 juta hingga Rp 88 juta, termasuk peralatan, akademik, makan, asrama, dan wisuda.

Harga ini tergolong terjangkau dibandingkan dengan sekolah penerbangan lain karena STPI mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com