Kompas.com - 25/07/2022, 09:32 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) setelah lulus bisa bekerja sesuai kompetensi yang dimiliki.

Namun alumnus yang satu ini berbeda daripada lainnya. Pasalnya lulusan Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum (MKN FH) Undip ini justru berkarier di bidang yang cukup jauh jauh dengan jurusan kuliahnya.

Soraya Syahnaz justru sukses berkarier menjadi pilot perempuan di sebuah maskapai penerbangan ternama.

Baginya kampus MKN Undip salah satu yang terbaik pada saat melakukan pencarian kampus-kampus unggulan. Selain itu banyak hal baru yang dapat dipelajari baik akademis maupun nonakademis selama berkuliah.

Baca juga: Astra Internasional Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Buruan Daftar

Tertarik di bidang kenotariatan

Hal ini menjadi alasan ketertarikannya belajar ilmu kenotariatan sejak tahun 2009. Kesan yang didapatkan sewaktu kuliah di Undip yaitu saat dirinya kali pertama harus merantau dan jauh dari orangtua yang berdomisili di Jakarta.

"Awalnya terasa begitu berat dijalani karena harus benar-benar mandiri dan berjuang untuk melakukan semuanya sendiri. Tapi Alhamdulillah dengan berjalannya waktu semua dapat saya lalui dengan baik," kata Soraya seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (24/7/2022).

Dia mengaku, pengalamannya pada bidang penerbangan dimulai setelah meraih gelar sarjana. Soraya kemudian mengikuti ujian masuk sekolah Penerbang di Bali International Flight Academy (BIFA) yang berlokasi di Buleleng, Bali Utara.

Baca juga: Beasiswa LiniMuda bagi SMA-S1, Beri Rp 10 Juta Per Semester

Kemudikan pesawat Boeing 737-800

Saat itu PT. Garuda Indonesia memiliki program kerjasama dengan BIFA. Jika lulus BIFA, maka langsung dapat masuk dan bergabung ke Garuda Indonesia.

"Alhamdulillah saya dinyatakan lulus dan diterima untuk mengikuti program pelatihan penerbang di BIFA," papar Soraya.

Pendidikan yang harus ditempuh kurang lebih 10 bulan. Setelah itu, Soraya baru melakukan program pendidikan penerbang di Garuda Indonesia, sebagai First Officer (FO) jenis pesawat Boeing 737-800 yang hingga saat ini masih ia kemudikan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.