Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar 2 Program, British Council Dukung Pendidikan Inklusif dan Inovatif di Indonesia

Kompas.com - 08/11/2023, 16:32 WIB
Erwin Hutapea

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - British Council Indonesia, organisasi internasional Inggris di bidang budaya dan pendidikan, menggelar program kerja sama Going Global Partnerships Teacher Training Grant dan UK-ID English Digital Innovation Grant.

Secara khusus, program ini menargetkan sektor pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas guru di Indonesia, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2023.

Program ini diwujudkan dalam bentuk kerja sama antara universitas dan lembaga pendidikan di Indonesia dan Inggris selama tahun 2023.

Fokus dari Going Global Partnerships (GGP) Teacher Training Grant adalah meningkatkan pelatihan bagi calon guru dalam lingkungan pendidikan inklusif.

Adapun UK-ID English Digital Innovation Grant merupakan program British Council dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya peningkatan sumber daya guru Bahasa Inggris di Indonesia yang inovatif.

Melalui program ini, diharapkan sistem pendidikan di Indonesia akan lebih berkualitas, lebih inklusif, dan terhubung secara global, serta para guru termasuk guru bahasa Inggris bisa lebih berkembang.

Hasil dari pelaksanaan program tersebut dipresentasikan dan diserahkan oleh Pemerintah Inggris kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam acara “Celebrating 75 Years of British Council’s Impact in Indonesia: Showcasing Inclusive Education and Digital Innovations“ di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Mewakili Pemerintah Inggris, Duta Besar Inggris untuk Republik Indonesia Dominic Jermey CVO OBE mengatakan, program ini merupakan perwujudan komitmen kerja sama dengan Indonesia untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan sejahtera bagi kedua negara.

"Saya bangga dengan upaya British Council dalam mendorong kolaborasi Inggris-Indonesia melalui sektor pendidikan dan bahasa Inggris. Hubungan kami dibangun di atas dasar nilai dan kepentingan bersama, termasuk demokrasi, hak asasi manusia, dan aturan hukum,” ujar Dominic Jermey dalam acara tersebut.

Menurut dia, proyek semacam ini akan berpengaruh positif terhadap perkembangan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia.

Maka dari itu, British Council Indonesia menganggap penting untuk menampilkan hasil dari kedua proyek tersebut melalui penyerahan simbolis kepada Kemendikbud Ristek, sekaligus memperingati momentum Hari Guru Nasional pada November 2023.

Baca juga: 75 Tahun di Indonesia, British Council Gelar Altermatter sebagai Ajang Kolaborasi Seniman

Sementara itu, Summer Xia, Country Director British Council Indonesia & Director South East Asia, menyatakan bahwa pelaksanaan program ini penting untuk memberikan pelatihan agar guru memiliki kualitas yang semakin meningkat.

Selain itu, menjadi solusi pembelajaran digital inovatif untuk mendukung kerja sama antara perguruan tinggi Inggris dan Indonesia.

“GGP Teacher Training Grant British Council membantu guru Indonesia memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengajar secara efektif dan inklusif di kelas,” ucap Summer Xia.

“Adapun UK-ID English Digital Innovation Grant akan mendukung pengembangan dan implementasi solusi perkembangan profesional digital inovatif guna meningkatkan kualitas pendidikan untuk semua pelajar Indonesia, terutama melalui ketentuan digital yang kreatif,” tambahnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com