Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, 2 Kampus Asal Rusia Buka Kantor di ITS Surabaya

Kompas.com - 08/11/2023, 14:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dua universitas asal Rusia Tomsk State University (TSU) dan HSE University resmi membuka kantor representatifnya di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pembukaan kantor dua kampus asal Rusia ini juga pertama kali di Indonesia.

Langkah ini menjadi stimulan untuk semakin memperkuat sinergi dan kerja sama antara ITS dengan kampus-kampus ternama di Rusia.

Wakil Rektor Bidang Internasional TSU Prof. Artyom Rykun mengatakan, kerja sama Tomsk State University dengan ITS telah terjalin sejak tahun 2014 dan memberikan impresi yang sangat baik.

Baca juga: 7 Kampus Pendidikan Terbaik di Indonesia, Ada UM, UNY hingga UPI

Pertama di Indonesia, 2 kampus asal Rusia buka kantor di ITS

Pembukaan kantor representatif di ITS ini menjadi awalan untuk lebih memperkenalkan dan membantu mahasiswa di Indonesia, khususnya di ITS, yang ingin melanjutkan studinya di Rusia.

Selain TSU, kantor yang bertempat di Gedung ITS Global Kampong ini juga mewakili konsorsium dari universitas lain dan organisasi saintifik yang terdapat di Kota Tomsk, Rusia.

Yakni Siberian State Medical University, Tomsk Polytechnic University, Tusur University, Tomsk State University of Architecture and Building, dan Tomsk State Pedagogical University.

"Kantor representatif konsorsium ini menjadi yang pertama di dunia," terang Prof. Artyom Rykun seperti dikutip dari laman ITS, Rabu (8/11/2023).

Head of the International HSE University Office in Saint Petersburg Maria Kishleva menyampaikan, pembukaan kantor representatif yang baru kali pertama di Indonesia ini sekaligus menandakan kerja sama pertamanya dengan ITS.

Hal ini didasari dengan keterbukaan dari pihak ITS dan adanya atmosfer belajar yang tinggi di Kampus Pahlawan ini.

"Dosen HSE University mendapatkan kesan bahwasannya minat belajar mahasiswa ITS sangat tinggi ketika memberikan kuliah tamu," imbuhnya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan SNBP dan SNBT, Persiapan Daftar 2024

Mahasiswa ITS bisa konsultasi

Menurut Maria, kantor perwakilan HSE University di ITS ini sendiri merupakan kantor perwakilan empat cabang kampus HSE University yang tersebar di beberapa kota di Rusia. Antara lain yang berada di Kota Saint Petersburg, Moskow, Perm, dan Nizhny Novgorod.

Maria mengungkapkan, kantor ini akan terbuka untuk segala jenis konsultasi bagi mahasiswa maupun dosen seputar hal-hal yang perlu disiapkan untuk melanjutkan studi di HSE University.

Seperti ketersediaan kesempatan untuk beasiswa, summer school, pertukaran pelajar, studi magister, hingga kebutuhan sehari-hari yang harus diperhatikan.

"Hal ini karena perbedaan musim yang drastis di Rusia, sehingga memerlukan persiapan yang cukup banyak," ungkapnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com