Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Masuk SMP atau SMA Labschool Jalur Undangan? Ini Persyaratannya

Kompas.com - 01/11/2023, 11:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Animo masyarakat tinggi untuk bisa menjadi siswa di sekolah Labschool jelang masa penerimaan siswa baru (PSB).

Banyak yang bertanya baik melalui telepon ataupun datang langsung ke sekolah untuk menerima informasi secara jelas pelaksanaan PSB.

Walaupun dalam website atau laman resmi Labschool sudah ditayangkan, tapi kepuasan datang atau bertanya langsung kepada sekolah merupakan kenyamanan sendiri bagi sebagian orangtua.

Baca juga: 8 SMA Swasta Terbaik di Jakarta Selatan, Acuan Siswa Daftar pada 2024

Dilansir dalam laman Labschool UNJ, Rabu (1/11/2023) memberitahukan Labschool belum membuka penerimaan siswa baru sampai akhir Oktober 2023.

Jadwal penerimaan siswa regular baru akan dimulai pada 12 Desember 2023 untuk SMA dan 19 Desember untuk SMP. Sedangkan pelaksanaan tes seleksi pada 4 Februari 2024 untuk SMA dan 11 Februari 2024 untuk SMP.

Bagi yang berminat masuk Labschool, maka ada jalur undangan bagi siswa atau lebih dikenal dengan Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi (PPSBB).

Program ini dibuka untuk siswa yang akan masuk menjadi siswa SMP dan SMA Labschool.

Adapun penerimaan jalur PPSBB ini terdapat dua jalur, yaitu jalur nilai rapor dan jalur portofolio prestasi. Adapun jalur PPSBB dibuka dari 2-24 November 2023.

Untuk bisa ikut jalur undangan ini, maka ada persyaratan umum yang harus dipenuhi, yakni:

  • Calon siswa adalah siswa pada SD/MI/Sederajat atau SMP/MTs/Sederajat yang menjadi undangan dan tercantum pada aplikasi pendaftaran PPSBB Labschool.
  • Terdaftar sebagai siswa kelas 6 SD/MI/Sederajat untuk pendaftar PPSBB SMP, atau sebagai siswa kelas 9 SMP/MTs/Sederajat untuk pendaftar PPSBB SMA.
  • Sungguh-sungguh berminat untuk menjadi siswa SMP/SMA Labschool
  • Berasal dari sekolah berakreditasi A.

Baca juga: Cerita Chira Raih IPK 3,98, Jadi Lulusan Terbaik Universitas Pertamina

Disamping persyaratan umum di atas, ada persyaratan khusus, antara lain:

  • Harus memiliki nilai rapor kelas 4 dan 5.
  • Rata-rata setiap semester minimal 95 pada aspek pengetahuan (selama 4 semester) untuk pendaftar SMP.
  • Sedangkan untuk pendaftar SMA harus memiliki nilai rapor rata-rata setiap semester minimal 90 pada aspek pengetahuan saja.

Pendaftar PPSBB jalur portofolio prestasi memiliki syarat khusus antara lain:

  • Untuk SMP, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 4 dan 5 minimal 90 setiap semester
  • Untuk SMA, minimal memiliki nilai rata-rata rapor kelas 7 dan 8 minimal 85 setiap semester memiliki prestasi dan atau potensi keberbakatan di berbagai bidang (akademik, seni olah raga, organisasi/ kepemimpinan, keagamaan atau lainnya seperti OSN, FLS2N, O2SN atau kompetisi lainnya yang sederajat pada tingkat provinsi, nasional dan internasional) yang dibuktikan dengan fotokopi atau hasil scan sertifikat, piagam atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh penyelenggara/panitia.

Bagi peserta yang memenuhi syarat, maka bisa mendaftar secara online pada laman https://labschool-unj.sch.id/psb.

Untuk mendaftar, maka harus membuat akun terlebih dahulu. Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran dan seleksi PPSBB sebesar Rp 400.000.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Indonesia, Acuan Siswa Ikut PPDB 2024

Demikian informasi jalur undangan bila ingin masuk SMP dan SMA Labschool. Bagi yang belum diterima jalur PPSBB, masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur tes seleksi yang pendaftarannya dibuka mulai Desember 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com